Safrial Harap Alokasi APBD Provinsi Jambi Sepadan Dengan Kontribusi Daerah

Jumat, 28 Juni 2019 - 13:47:04


Bupati safrial
Bupati safrial /

Radarjambi.co.id-TANJAB BARAT - Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial berharap agar Pemerintah Provinsi Jambi bisa mengalokasikan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) yang sepadan dengan kontribusi daerah kabupaten/kota.

Hal itu di sampaikannya saat menjadi narasumber Diskusi Hulu Migas yang mengusung tema “Peran Dana Bagi Hasil (DBH) Dalam Mendukung Pembangunan Daerah”, Di BW Luxury Hotel Jambi kamis (27/6).

“Kita ini kan daerah penerima DBH Migas terbesar di provinsi jambi. Jadi harapan kita pemerintah provinsi bisa kucurkan dana APBD yang sepadan”, katanya.

Memaparkan tentang “Dampak DBH Migas Terhadap Pembangunan Kabupaten Tanjung Jabung Barat”, Bupati Safrial secara gamblang menjelaskan betapa pentingnya kontribusi DBH Migas yang merupakan sumber pendapatan daerah terbesar kedua di daerah yang di pimpinnya.

Di depan pihak SKK Migas dan peserta diskusi, bupati juga menyampaikan hingga saat ini pemkab terus berupaya agar putra-putri daerah bisa menyerap lapangan pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Saat ini lanjutnya, Pemkab telah melaksanakan MoU dengan PEM AK Migas Cepu agar anak-anak daerah bisa belajar menimba ilmu disana.

“Tahun ini kami minta jatah 20 orang anak daerah untuk belajar di akademi migas cepu. 10 orang di biayai oleh APBD dan 10 orang sisanya di biayai oleh petrochina. Jadi daerah kami tidak hanya dapat polusi saja”, ujar bupati.

Di tambahkan safrial, dirinya selalu siap membentangkan ‘Karpet Merah’ kepada investor dengan catatan bisa menyerap tenaga kerja asli daerah minimal 50 persen.

“Itu konsekuensi logis. Orang di wilayah kami mengambil migas dan kami juga tidak hanya jadi penonton”, tegasnya.

Selain Safrial, narasumber diskusi yang di gelar oleh Pihak SKK Migas juga menghadirkan Dr. Halilul Khairi selaku Deputi Otonomi Daerah Intitusi Pendidikan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri, Heru Windarto selaku Kasubdit Penerimaan Negara dan Pengelolaan PNBP Migas dan Rudi Hartono selaku Perwakilan dari Divisi Formalitas SKK Migas.

Hadir mendampingi Bupati Safrial, Pj. Sekretaris Daerah Tanjabbar Yon Heri kemudian ada Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, Para Anggota DPRD Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi, Para Ketua Komisi DPRD Kabupaten/Kota yang membidangi migas dan energi, Seluruh Jajaran Kepolisian Daerah (POLDA) Jambi, Seluruh Jajaran Managemen SKK Migas, Para Akademisi, Para Pimpinan Media Cetak dan Elektronik, Forum Mahasiswa/i Universitas se-Provinsi Jambi dan juga unsur Manajemen Kontraktor Kontrak Kerjasama Wilayah Sumbagsel. (kenata).