Safrial : Perlu Peningkatan Kerjasama Dengan Pemerintah Pusat Menuju Smart City

Rabu, 17 Juli 2019 - 20:44:12


Safrial beserta istri
Safrial beserta istri /


radarjambi.co.id-JAKARTA - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS menghadiri acara International SMART CITY EXPO dan Forum 2019, Indo Water, Indo Waste, Indo Renergy, Indo Pooltech, Indo Security and Indo Firex Expo.

Forum yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, bertempat Jakarta Convention Centre, Rabu (17/7).

Setelah menghadiri acara, Bupati menyampaikan harapannya dalam pengembangan smart city. Menurutnya, hal itu dapat dikembangkan masing - masing kepala daerah sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan daerah masing - masing di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Bupati Safrial yang didampingi oleh Hj. Cici Halimah, SE selaku Ketua Tim Penggerak PKK dan Ir. H Taharuddin, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tanjab Barat.

"Kepala OPD sebaiknya dapat menginisiasi ide - ide dengan membangun kerja sama dengan sesama perangkat daerah ataupun pemerintah pusat dalam memberikan layanan layanan yang bisa dinilai sebagai langkah menuju smart city," imbaunya.


Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari tersebut sangat menarik untuk diikuti oleh pemerintah daerah dan pusat untuk membuka ide - ide baru.

Dalam mengimplementaskan smart city, katanya selama ini di pemikiran masyarakat adalah kota digital namun bukan itu sepenuhnya.

"Dalam kegiatan smart city ini jelas terlihat bahwa perlu peningkatan kerja sama antar perangkat daerah dan pemerintah pusat dalam memberikan kemudahan layanan layanan serta urusan pemerintah yang nantinya menjadi lebih mudah dan cepat dirasakan oleh masyarakat," jelasnya.

Dicontohkanya dengan stand pameran provinsi jawa timur yang memamerkan  layanan - layanan yang ada pada urusan pemerintah. 

Seperti pembayaran kendaraan bermotor cukup di kasir salah satu waralaba market, katalog pemasaran produk lokal online yang dikelola oleh dinas Perindustrian dan Perdagangan. Kemudian pengelolaan limbah yang pintar dan masih banyak stand stand pemerintah daerah lainnya.

Bahkan, kata Bupati Safrial jika nantinya sesuai maka dapat diadopsi dan jika memungkinkan kedepan Pemerintah Kabupaten Tanjung Barat dapat ambil bagian pada pameran.

 

Reporter     :   Kenata

Editor         :   Ansory S