BKPSDM Tanjabbar Uji Kompetensi 86 Pejabat Administrator

Kamis, 25 Juli 2019 - 15:42:57


Jalannya Uji Kompetensi 86 Pejabat Administrator
Jalannya Uji Kompetensi 86 Pejabat Administrator /

radarjambi.co.id-TANJABBARAT-Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Melalui Badan kepegawaian dan Pengembangan sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tanjabbar Menggelar Uji Kompetensi atau Assessment Pejabat Administrator di lingkup Pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Barat, di aula Bappeda Tanjabbar, Kamis (25/07)

Kepala BKPSDM Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Encep Jarkasih menyampaikan kegiatan uji kompetensi/assessment pejabat administrator ini akan di uji kompetensi nya sesuai yang di ujian oleh tim Puslatbang PKASN LAN Jatinangor dan tim asesor.

"Ada 86 Peserta yang hadir mengikuti assement ini yang diselenggarakan dua hari yakni Kamis dan Jum'at," ujarnya.

Dengan tujuan, menurut Encep kegiatan memotret potensi Pejabat Administrator dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dengan sasaran tersusunya profil pejabat administrator dilingkungan Pemkab dalam rangka penempatan dan pengembangan pegawai.

"Kami berharap kepada tim asesor dan tim puslitbang PKASN LAN Jatinangor bekerja sesuai yang diharapkan dan bisa membantu para pejabat administrator lingkup pemerintah Tanjabbar," tegasnya.

Sementara kabid pemetaan puslitbang PKASN LAN Jatinangor, Zulfikar mengatakan sebagai pemetaan kompetensi pejabat sruktural di lingkungan kabupaten Tanjung Jabung Barat, Dengan adanya pemetaan ini tentu kita dapat mengetahui bakat, minat serta kompetensi yang dimiliki oleh seorang pejabat.

“Dengan adanya pemetaan ini, tentu akan semakin memudahkan pimpinan dalam menempatkan seorang pejabat pada suatu bidang kerja tertentu, sehingga akan memacu kinerja yang lebih baik,” pungkasnya

Terpisah, Bupati Tanjabbar, H Safrial melalui staf ahli bidang hukum dan politik, H Erwin menyampaikan selama ini terdapat beberapa posisi jabatan yang tidak sesuai dengan kompetensi seorang pejabat dengan bidang kerja yang digeluti.

Hal ini semestinya tidak menjadi alasan untuk tetap bekerja secara maksimal.

"Untuk itu, sesuai dengan program pimpinan yang melakukan akselerasi (percepatan), maka langkah ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk melakukan percepatan dalam bidang sumber daya manusia," pungkasnya.

Adapun aspek yang diukur dalam Assesment menggali potensi Pejabat administrator dalam hal ini antara lain Daya analisis sintesis, Flektibilitas Berpikir, perencanaan, Pengambilan keputusan, potensi komunikasi, keinginan berprestasi, perencanaan kerja, kesigapan kerja, kualitas kerja, kematangan emosi (EQ), dan interaksi sosial.

 

Reporter   :  Kenata

Editor       :   Ansory S