Prodi PBSI FKIP Unja Gelar Pelatihan Guru dan Pegawai di Tanjabbar

Rabu, 31 Juli 2019 - 22:09:44


Foto bersama usai pelatihan.
Foto bersama usai pelatihan. /

radarjambi.co.id-TANJABBARAT-Dalam Rangka melaksanakan tujuan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA) menggelar pelatihan guru dan pegawai di Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Sebanyak kurang lebih 100 peserta guru dari SD, SMP dan SMA di Tanjab Barat yang mengikuti proses pelatihan guru dan pegawai  yang di selenggarakan oleh Prodi PBSI FKIP UNJA selama satu hari penuh yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjabbar, H Martunis M Yusuf yang bertempat di gedung aula UNJA Cabang Tanjab Barat, Selasa (31/07).

Drs. Imam Suwardi, M.Pd selaku Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia FKIP Unja mengatakan, pelatihan yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini adalah bentuk suatu pengabdian Dosen-dosen khususnya Pendidikan Bahasa dan Sastra FKIP Universitas Jambi untuk masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

 "Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pembangunan pendidikan khususnya dalam membantu meningkatkan kompetensi guru-guru yang ada di Kabupaten Tanjungjabung Barat," ujarnya.

Peningkatan kompetensi itu, menurut Imam ditujukan untuk para kepala sekolah dan perwakilan guru dari tiap sekolah, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mana nantinya, peserta pelatihan meneruskan hasil pelatihannya pada seluruh guru di lingkungan kerjanya.

Lebih lanjut, Imam Suwardi menyampaikan pelatihan guru dan pegawai sebagai sarana strategis untuk meningkatkan kapasitas profesional para guru atau tenaga pendidik di sekolahnya masing-masing. 

”Kedepan semoga berkat pelatihan guru ini kinerja Kepala sekolah dan guru dapat ditingkatkan untuk mencapai hasil pendidikan yang lebih baik,” harapnya.
 

Pada kegiatan ini ada lima topik yang disosialisasikan kepada peserta yaitu Pemberdayaan Guru dalam Pengelolaan Website Sekolah sebagai Media Publikasi dan Pembelajaran oleh Prof. Dr. Mujiyono Wiryotinoyo, M.Pd., Dr. Herman Budiyono, M.Pd., Drs. Akhyarudin, M.Hum., Priyanto, S.Pd., M.Pd. Penulisan Karya Ilmiah berdasarkan Pengalaman Terbaik bagi Guru SMP oleh Drs. Imam Suwardi, M.Pd., Dra. Irma Suryani, M.Pd., Dr. Harry Soedarto, M.Pd., Rustam, S.Pd., M.Hum., Liza Septa Wilyanti, S.Pd., M.Pd. Penulisan Surat Resmi bagi Pegawai Tata Usaha SMA oleh Drs. Albertus Sinaga, M.Pd., Drs., Larlen, M.Pd., Dra. Rasdawita, M.M., Drs. Andiopenta Purba, M.Hum., Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd. Teknik Menulis Cerita Rakyat bagi Guru SD oleh Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd., Dr. Kamarudin, M.Pd., Dra. Yusra D. M.Pd., Dr. Maizar Karim, M.Hum. Teknik Pembelajaran Drama bagi Guru SMA oleh Dr. Kamarudin, M.Pd.

Saat diwawancarai salah seorang pemateri, Prof. Mujiyono Wiryotinoyo, M.Pd mengaku pelaksanaan pengabdian masyarakat selain tri dharma perguruan tinggi, pastinya juga membantu peningkatakan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya guru-guru di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjabbar.

Dalam pelaksanaan pengabdian, dirinya mengaku bahwa respon peserta sangat bagus.

"Dari lima topik yang disampaikan oleh masing-masing Ketua pemateri dan para anggota pengabdian, khususnya para peserta sangatlah berguna sekali bagi lingkungan kerjanya masing-masing," akuinya.

Sementara itu, H. Martinus M Yusuf, S.Pd., M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa berbagai materi yang dibawakan para dosen PBSI dibutuhkan oleh peserta. Martinus M Yusuf M.Pd berharap kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan.

“Materi-materi yang dibawakan sangat dibutuhkan, smeoga kegiatan ini bisa berkelanjutan,” katanya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut didanai oleh dana PNB Universitas Jambi.

 

 

Reporter    ;    Kenata

Editor        :   Ansory S