PAN Usulkan M Zen Menjadi Pimpinan Sementara DPRD Batanghari

Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:45:10


Pan
Pan /

radarjambi.co.id-BATANGHARI-Menjelang pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Batanghari periode 2019-2024 tanggal 30 Agustus 2019 mendatang, Partai Politik (Parpol) peraih jumlah suara terbanyak mulai menyetor usulan nama calon pimpinan sementara.

PAN sebagai peraih suara terbanyak di DPRD Kabupaten Batanghari, telah mengusulkan nama M Zen, menjadi salah satu pimpinan sementara.

Sedangkan Partai Golkar yang meraih jumlah suara terbanyak kedua, belum mengusulkan ke DPRD Batanghari.

Kabag Persidangan Seketariat DPRD Kabupaten Batanghari, Arief Budiman, mengatakan terkait untuk mengisi pimpinan sementara DPRD Batanghari, pihaknya sudah melayangkan surat kepada dua partai PAN dan Golkar. Sesuai hasil Pemilu Legislatif Batanghari 2019, PAN dan Golkar meraih 5 kursi.

“Surat yang berkaitan dengan usulan nama pimpinan sementara DPRD Batanghari sudah Kita layangkan diawal bulan Agustus lalu. Namun balasanya yang kita terima baru PAN atas nama yang disulakan M Zen,” kata Arief Budiman, dihubungi via ponselnya Kamis (22/8).

Menurut Arief Budiman, nama yang diusulkan menjadi calon pimpinan sementara DPRD Kabupaten Batanghari belum dipastikan adalah calon pimpinan DPRD Kabupaten Batanghari. Masa jabatan pimpinan sementara hanya paling lama 30 hari hingga terpilinya pimpinan definitif.

“Tugas pimpinan sementara nantinya, salah satu mengusulan mengusulkan nama pimpinan definitif ke Gubernur berdasarkan surat keputusan dari partai pemenang. Dan tugas lainya adalah memfasilitas pembentukan fraksi, pembentukan dan pembahasan Tata Tertib (Tatib),” terangnya.

Sekjen DPD PAN Kabupaten Batanghari, Sasmi Irawan, ketika dikonfirmasi membenarkan PAN telah mengusulkan nama untuk menjadi pimpinan DPRD Kabupaten Batanghari. Nama yang diusulkan PAN adalah M Zen untuk menjadi pimpinan sementara.

"Kita terima surat dari sekretariat DPRD Batanghari tertanggal 12 Agustus 2019. Kemudian kemarin (20 Agustus 2019) surat balasan kita kirim dengan menunjuk Muhammad Zen sebagai pimpinan sementara," kata Sasmi, yang dihubungi Kemarin.

Sasmi sendiri mengungkapkan, posisi M Zen, resmi akan duduk di kursi pimpinan DPRD Kabupaten Batanghari usai pelantikan pada 30 Agustus 2019 mendatang. Dengan demikian, M. Mahdan akan kembali menjadi anggota DPRD biasa.

Disinggung mengenai nama Ketua DPRD Kabupaten Batanghari yang akan diusulakan DPD PAN Kabupaten Batanghari. Sasmi belum memberikan bocoran dengan alasan DPD PAN Batanghari belum menerima SK penetapan nama Ketua DPRD Batanghari dari DPP PAN.

"Saya belum berani bilang karena SK belum ada ditangan saya. Nanti di bilang hoaks. Kalau tidak ada alat bukti, saya tidak berani berkomentar," ucapnya.

Seperti diketahui, PAN Batanghari berhasil menjadi partai pemenang pertama pada Pileg 17 April 2019 dengan perolehan 23.878 suara. Kemudian disusul Partai Golkar dengan perolehan 23.571 suara dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) urutan ketiga dengan perolehan 19.527 suara. (hmi)