Longsor di Danau Embat Dibangun Bronjong

Selasa, 10 September 2019 - 22:03:09


Dinas PUPR Batanghari akan membangun bronjong di Danau Embat Dibangun yang longsor..
Dinas PUPR Batanghari akan membangun bronjong di Danau Embat Dibangun yang longsor.. /

radarjambi.co.id-BATANGHARI-Perbaikan ruas jalan di Desa Danau Embat, Kecamatan Marosebo Ilir, Kabupaten Batanghari, yang longsor beberapa waktu lalu akhirnya menemukan titik terang.

Seperti yang diwartakan sebelumnya, akibat longsor yang terjadi membuat dua sisi ruas jalan nyaris putus. Kondisi ini membuat jalan tersebut masuk dalam kategori tanggap darurat.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Batanghari, Nazhar menjelaskan pihaknya menetapkan tanggap darurat setelah meninjau langsung kondisi longsor pada dua sisi jalan.

"Kita telah survei dan ada dasarnya yakni pengajuan Kepala Desa Danau Embat. Dan BPBD Batanghari telah mengadakan rapat bersama Dinas PUPR Batanghari," kata Nazhar dikonfirmasi Selasa (10/9).

Hasil rapat bersama Dinas PUPR Kabupaten Batanghari, lanjutnya Nazhar, ditetapkan kondisi longsor pada jalan Danau Embat ini sebagai tanggap darurat dan diajukan kepada Bupati Batanghari.

"Usulan tanggap darurat disetujui Bupati dengan penandatanganan SK," ujar ketika berada di lokasi bersama pihak Dinas PUPR, Inspektorat, LPBJ dan Bakeuda Kabupaten Batanghari.

Kemudian BPBD Batanghari mengajukan proposal pembangunan bronjong dua sisi dengan estimasi dana Rp3,5 miliar. Namun nanti setelah hasil pekerjaan akan dihitung kembali estimasi dana pembangunan.

"Kondisi longsor jalan terjadi sejak Januari 2019 saat musim hujan. BPBD Batanghari bersama instansi terkait telah turun beberapa kali ke lapangan dan ditetapkan siaga darurat untuk bisa mengeluarkan dana tersebut di Bakeuda Batanghari," ucapnya.

Nazhar memyebutkan, musibah longsor yang terjadi pada dua sisi jalan sangat rawan kecelakaan. Jika pembangunan bronjong hanya dilakukan pada satu sisi saja, maka longsor sisi sebelahnya akan semakin parah.

"Jalan ini merupakan akses satu-satunya menghubungkan tiga desa, yaitu Danau Embat, Bulian Baru dan Tidar Kuranji. Dana tanggap darurat merupakan satu-satunya cara untuk pembangunan bronjong jalan ini," tandasnya. (hmi)

 

 

Editor  :  Ansory  S