Gubernur Silaturahmi Bersama Anggota DPRD Provinsi Jambi Terpilih 2019

Selasa, 10 September 2019 - 09:39:14


Sambutan Gubernur Jambi Fachrori di acara coffee morning bersama Anggota DPRD Provinsi Jambi.
Sambutan Gubernur Jambi Fachrori di acara coffee morning bersama Anggota DPRD Provinsi Jambi. /

RADARJAMBI.CO.ID,-Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi berupaya membangun sinergitas dengan Dewan (DPRD Provinsi Jambi). Dan, coffee morning sebagai upaya untuk merekatkan hubungan eksekutif dengan legislatif, sebagai silaturrahmi awal dalam membicarakan kemajuan Provinsi Jambi, untuk menyejahterakan masyarakat melalui peningkatan pembangunan. Hal itu dikemukakan gubernur saat menjamu Ketua sementara  DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto dan anggota DPRD Provinsi Jambi Masa Jabatan 2019 - 2024, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (10/09/2019).

Fachrori mengapresiasi DPRD Provinsi Jambi baik yang baru maupun anggota sebelumnya yang terpilih kembali untuk masa jabatan 2019-2024. "Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Jambi kami mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD Provinsi Jambi yang telah dilantik, semoga sukses mengemban amanah dan mampu menjalankan tugas dan fungsi sebagai anggota dewan yang baik, dan juga mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD sebelumnya, 2014-2019, yang telah berbuat banyak dalam menjalankan tugas untuk mendukung lancarnya pelaksanaan roda pembangunan di Provinsi Jambi," ujar Fachrori.

Fachrori mengemukakan, anggota DPRD dan Pemprov Jambi memiliki tujuan yang sama, yakni menyejahterakan masyarakat, dan silaturrahmi ini menjadi salah satu cara untuk mendiskusikan berbagai persoalan, baik yang ada maupun yang akan dihadapi dimasa mendatang. "Kami selaku Pemerintah Provinsi Jambi mengakui bahwa proses pembangunan yang sedang dilaksanakan dan akan dikerjakan tidak akan berjalan dengan baik dan lancar tampa dukungan dari semua pihak terutama dewan," ungkap Fachrori.

"Kami sangat menyadari bahwa pembangunan daerah yang akan dijalankan bersama akan bisa lebih baik lagi dengan adanya dukungan pengelolaan keuangan yang disertai tata kelola pemerintahan yang baik, secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efektif, efisien, transparan dan bertanggungjawab," lanjut Fachrori.

Di hadapan anggota dewan, Fachrori menjelaskan agenda pemerintah dalam waktu dekat ini akan membahas dan finalisasi RAPBD Provinsi Jambi Tahun 2020 bersama anggota DPRD Provinsi Jambi, yang di dalamnya telah direncanakan beberapa agenda prioritas, salah satunya Pilkada Gubernur Jambi Tahun 2020 yang sumber pembiayaannya berasal dari APBD Provinsi Jambi. "Pemerintah Provinsi Jambi telah mengagendakan beberapa kegiatan prioritas selain persiapan Pilkada, juga beberapa pembangunan di segala bidang, untuk itu perlu kebersamaan di masa mendatang," terang Fachrori.

Fachrori mengharapkan, Badan Legislatif dapat berperan aktif dan menjadi mediator antara masyarakat dan pemerintah, terutama dalam memberikan masukan yang positif terhadap proses pembangunan, sehingga dapat menciptakan situasi yang aman dan tentram bagi masyarakat. "Marilah kita bersama-sama meluruskan niat, menyatukan tekad, untuk bersama-sama menjalankan roda pemerintahan yang bersih, agar kemakmuran masyarakat dapat tercapai," harap Fachrori.

Sebelumnya, Ketua Sementara DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyampaikan, sebagai anggota legislatif yang baru dilantik, tentu masih banyak hal yang perlu menjadi perhatian para anggota dewan, untuk terus berbenah meningkatkan kinerja bersama Pemerintah Provinsi Jambi. "Melihat kondisi udara kita dengan banyaknya kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi, kemaren kami bersama gubernur, Kapolda, Danrem, langsung meninjau kebakaran hutan dan lahan lewat udara melalui helikopter, memang banyak lahan gambut di Provinsi Jambi sudah terbakar. Perlu penanganan yang secara terintegrasi bersama-sama tidak akan bisa dilakukan satu atau dua instasi saja,  harus bersama-sama," ujar Edi.

"Kita telah mengusulkan melalui Gubernur Jambi untuk minta hujan buatan kepada Pemerintah Pusat. Insha Allah, dua atau tiga hari ini permintaan kita bisa dikabulkan," sambung Edi.

Edi mengatakan, DPRD Provinsi Jambi siap mendukung program Jambi TUNTAS 2021. "Dalam membangun kebersamaan sebagai anggota Dewan, kami siap berkerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi, bersatu padu untuk menyejahterakan masyarakat dalam mewujudkan program unggulannya,” terang Edi.

Pada kesempatan ini, anggota DPRD Provinsi Jambi satu per satu memperkenalkan dirinya di hadapan gubernur, Sekda Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si, dan semua OPD Provinsi Jambi yang dipimpin Ketua Sementara DPRD Edi Purwanto, dilanjutkan perkenalan para kepala OPD yang dipimpin Sekda Provinsi Jambi.(Humas Pemprov)