Jarak Pandang Terbatas, KSOP Himbau Hentikan Aktivitas Pelayaran

Senin, 23 September 2019 - 19:46:11


Jarak pandang terbatas di Kualatungkal
Jarak pandang terbatas di Kualatungkal /

radarjambi.co.id-TANJABBARAT-Untuk antisipasi kecelakan angkutan laut, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Marina Kualatungkal Kapal menghimbau nelayan dan pengguna jasa Transportasi laut agar tetap berhati-hati selama musim kabut asap masih menyelimuti perairan dan daratan.

Hal ini mengingat jarak pandang yang semakin terbatas. Bahkan, pengguna transport laut diminta menghentikan aktivitas berlayar jika jarak pandang kurang dari 300 meter.

Kepala KSOP Pelabuhan Marina Kualatungkal, Prayitno SH melalui Kepala Pengamanan Laut dan Pantai (KPLP) KSOP Marina Kualatungkal Junaidi, menyebut jika selama musim kabut asap, pihaknya mengeluarkan himbauan kepada pemilik Kapal, Agen transportasi laut, Nahkoda dan para nelayan untuk tetap lebih mengutamkan keselamatan pelayaran.

Hal ini, kata Junaidi, guna mengurangi risiko kecelakaan. Selain itu, para pelaku pelayaran diminta melengkapi sarana bantu navigasi dan keselamatan berlayar selama musim kabut asap ini terjadi.

Seperti GPS, Kompas dan Peta, setiap kapal yang berlayar juga diminta menyediakan peralatan tambahan isyarat lampu dan cahaya serta membekali life jacket hingga peralatan obat-obatan dan P3K.

"Semua Kapal Layar, Kapal Motor, Kapal Penumpang, Kapal Nelayan dan semua pemakai jasa pelayaran agar memperhatikan perkembangan cuaca sebelum berangkat dan tidak memaksakan diri," beber Junaidi kepada awak media, Senin (23/9).

Kendati belum ada laporan terkait lakalaut dampak kabut asap, pihaknya kata Junaidi, yang penting sudah mewanti-wanti agar terhindar dari kejadian yang tak diinginkan di perairan laut.

"Hingga saat ini belum ada laporan terjadinya kecelakaan dilaut, namun kita tetap meminta kepada pelayar untuk tetap waspada untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan tersebut," hambaunya. (ken)

 

Editor  :   Ansory S