CE akan Siapkan Satu Armada Damkar Setiap Kecamatan

Selasa, 24 September 2019 - 19:29:45


Cek Endra
Cek Endra /

radarjambi.co.id-SAROLANGUN-Bupati Sarolangun, H Cek Endra menginginkan agar di setiap kecamatan memiliki satu unit armada Pemadam Kebakaran (Damkar) dan satu tim anggota SAR.

"Dengan keberadaan mobil pemadam dan tim SAR, maka bila terjadi bencana di satu lokasi akan bisa ditangani dengan cepat," kata CE di sela acara pisah sambut Kapolres Sarolangun yang baru, Selasa (24/9).

Disebutkannya, kunci keberhasilan dari penanganan bencana adalah kecepatan bertindak. Misalnya, dalam hal musibah kebakaran. Bila ada mobil pemadam di kecamatan, maka kebakaran yang tadinya hanya satu rumah bisa langsung diatasi. 

"Jikalau mobil pemadamnya ada di lokasi yang jauh, mungkin yang terkena musibah bisa lebih dari satu rumah,' jelasnya.

Meski demikian CE menambahkan, penanganan bencana di Kabupaten Sarolangun perlu dukungan dari seluruh elemen masyarakat. 

kedepan bagaimana mempersiapkan siaga bencana ini di seluruh kecamatan dan desa, misalkan saja hari ini tidak ada desa yang memiliki pompa air,  pada hal peruntukan dana yang dikeluarkan untuk desa itu sangat besar.

"Saya sudah instruksikan agar setiap desa ini siaga bencana, dan anggarkan dana untuk penanggulangan bencana,"ucapnya.

Dipaparkan CE, Sarolangun aman dari bencana gempa dan tsunami. Namun secara pengkajian dan logika bisa memprediksikan potensi akan munculnya bencana, misalkan diakhir tahun hingga awal tahun biasanya sudah berada pada musim penghujan, berarti itu rawan akan terjadinya banjir dan longsor

"Begitu juga dengan pertengahan tahun, itu masuk pada musim kemarau, artinya perlu penanggulangan Karhutla dan asap,"pungkasnya. (ciz)

 

Editor   :  Ansory S