Wujudkan Kesejahteraan, Sapras Bappeda Sosialisasi Pamsimas III

Rabu, 25 September 2019 - 20:50:08


Sapras Bappeda melaksanakan sosialisasi Pamsimas III
Sapras Bappeda melaksanakan sosialisasi Pamsimas III /

Radarjambi.co.id-SAROLANGUN - Mengacu pada UU Nomor 7 tahun 2004 tentang sumber daya air, serta surat dari Kementerian PUPR Direktorat pengembangan sistem penyediaan air minum Nomor PR.03.01-Ca/334 tentang perencanaan usulan desa sasaran program Pamsimas III tahun 2020, maka Bappeda Sarolangun menggelar sosialisasi Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III tingkat Kabupaten.

Kabid Sarana dan Prasarana Bappeda Sarolangun, Bahder Johan, mengatakan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk menjaring desa-desa yang berminat dan memenuhi syarat untuk diajukan pendanaannya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

"Semoga dengan pelaksanaan kegiatan sosialisasi Pamsimas III ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan," katanya. 

Terpisah Staf Ahli Bupati, Kholidi mengatakan program Pamsimas merupakan program nasional yang dilaksanakan untuk meningkatkan akses penyediaan air minum dan Sanitasi berbasis masyarakat. Sasaran utamanya bagi desa-desa yang belum memiliki air minum yang aman dan bersih. 

"Kini tercatat 68 dari 149 desa yang sudah terlayani Pamsimas sejak tahun 2014. Berdasarkan data sudah 100 persen terlayani air minum, 0 persen pemukiman kumuh dan 100 persen Sanitasi terlayani," katanya. 

Dijelaskannya, program Pamsimas akan tercapai apabila seluruh stake holder terkait memiliki pemahaman konsep yang sama mengenai program Pamsimas disemua bidang, dimana program ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Sarolangun

"Saya harap kepala OPD, Camat, Kepala desa agar dapat mensosialisasikan program Pamsimas ini ketengah masyarakat dengan sepenuh hati,"sebutnya. 

Bagi desa yang telah mendapatkan program Pamsimas diminta agar dapat mengelola sarana dan prasarana yang telah dibangun dengan baik dan melakukan iuran Pamsimas dengan tertib, selanjutnya mendirikan badan pengelolaan sarana penyediaan air minum dan sanitasi, sehingga dapat dimanfaatkan pemanfaatannya. 

"Bagi desa yang belum, kini masih dalam proses pra pelaksanaan untuk melengkapi berkas, kemudian bagi desa yang bakal calon Pamsimas III tahun 2020 agar menjaga komitmen dalam mewujudkan program Pamsimas ini,"paparnya.

Kholidi menginginkan agar program Pamsimas III di Kabupaten Sarolangun dapat memenuhi layanan akses air minum dan Sanitasi bagi masyarakat. 

 

Penulis : Charles R

Editor : Ansory