Bawaslu Adakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu

Senin, 30 September 2019 - 22:26:33


Afifuddin .
Afifuddin . /

radarjambi.co.id-JAMBI-Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi menggelar sosialisasi pengawasan pemilu dalam rangka kilas balik penyelenggaraan pengawasan pemilu 2019.

Sebanyak kurang lebih 300 peserta hadir dari berbagai unsur seperti pemerintahan, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, disabilitas, media, BEM dan lainnya hadir dalam kesempatan itu.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi mengatakan kegiatan ini sangat penting karena mengundang berbagai unsur masyarakat sehingga diharapkan semua aspek dapat memahami mengenai pengawasan pemilu.

Asnawi berharap Pilkada yang akan dilaksanakan 2020 mendatang dapat berjalan untuk kemajuan Provinsi Jambi.

"Kita akan mengadakan pilkada serentak. Kita bersama-sama berdiskusi dan mendatangkan pemateri memberikan masukan termasuk catatan mengenai pemilu. Kedepan pemilu kabupaten kota kita berharap akan betul-betul berjalan baik untuk perkembangan Provinsi Jambi," ujar Asnawi.

Selanjutnya anggota Bawaslu RI, Afifuddin sebelum membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk memahami fungsi pengawasan yang akan di laksanakan jajaran pengawas pemilu.

Dirinya menghimbau diperlukan penyamaan persepsi dalam pencegahan pelanggaran dalam pemilu yang juga merupakan fungsi dari Bawaslu. Bahkan pencegahan merupakan prioritas sebelum pelanggaran sulit di perbaiki.

"Melaksanakan fungsi pengawasan yang sudah di lakukan yang pertama mencegah, karena dianggap lebih baik mencegah dari mengobati. Kita merefleksikan hasil pengawasan di Jambi seperti apa nah kita mengevaluasi apa yang kurang maksimal sebagai bahan masukan untuk pilkada di Jambi," kata Afifuddin.

Afifuddin juga menuturkan semua tahapan harus diawasi oleh Bawaslu namun harus berkoordinasi dengan masyarakat. Sebab katanya tidak akan mudah bagi Bawaslu melakukan pengawasan dan pencegahan tanpanya ada bantuan dari masyarakat.

Kemudian, fungsi Bawaslu selanjutnya adalah keadilan Pemilu yang lebih tinggi dibandingkan dengan lainnya.

"Apabila sudah dilakukan pencegahan, dilakukan pengawasan tetapi masih ada pelanggaran maka kita akan tegakkan keadilan," pungkasnya.

Kegiatan ini dilakukan selama pada 30 September sampai 1 Oktober 2019 di BW Luxury Jambi. (rvi)

 

Editor  :  Ansory S