Kualitas Udara Batanghari Berangsur Membaik

Senin, 30 September 2019 - 22:35:23


Kepala UPTD Laboratorium DLH Kabupaten Batanghari, Meirinna.
Kepala UPTD Laboratorium DLH Kabupaten Batanghari, Meirinna. /

radarjambi.co.id-BATANGHARI-Kualitas udara di Kabupaten Batanghari mulai berangsur membaik. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batanghari mencatat Indeks Standar Pencemaran Udara (Ispu) dalam kategori sedang.

Hasil pengujian laboratorium DLH Kabupaten Batanghari tertanggal 25-26 September 2019, Ispu di Kabupaten Batanghari berada 74.27 dengan kategori sedang. Dibandingkan sebelumnya, hasil ini mengalami penurunan signifikan.

"Untuk Ispu mulai membaik, hasil pengujian terakhir Ispu di Kabupaten Batanghari berada di warna biru dengan kategori sedang," kata Kepala UPTD Laboratorium DLH Kabupaten Batanghari Meirinna, Senin (30/9).

Uji Ispu rutin dilakukan laboratorium DLH Batanghari tiga hari sekali pada pukul 15.00 Wib. Pengujian Ispu dilakukan dengan metode High Volume Air Sample (HVAS).

Lokasi pengujian lapangan terbuka depan laboratorium DLH Kabupaten Batanghari.
"Kalau untuk perbandingan hasil pengujian Kita sebelumnya cukup signifikan. Hasil pengujian sebelumnya tertanggal 23 September 2019, masih berada 176 dengan kategori tidak sehat atau di bawah baku mutu,"ungkapnya.

Mulai membaiknya kualitas udara di Kabupaten Batanghari tidak terlepas telah turunnya hujan yang terjadi sejumlah titik Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) khsusnya dalam wilayah Batanghari dalam beberapa hari terakhir.

"Untuk itu, Saya berharap agar masyarakat tidak lagi melakukan pembakaran lahan karena itu akan berdampak bagi dirinya sendiri dan masyarakat luas pada umumnya. Dan juga tetap menjaga kesehatan hingga kondisi kembali stabil,"tutupnya. (hmi)

 

Editor  : Ansory  S