Fasha Tikung HBA, Hasil Survei Charta Politika

Kamis, 05 Desember 2019 - 21:16:57


Survei Charta Politika.
Survei Charta Politika. /

radarjambi.co.id-JAMBI-Direktur Riset Charta Politika, Muslimin mengatakan bila, Kamis (5/12) merupakan pemilihan Gubernur Jambi, maka yang paling banyak dipilih adalah Wali Kota Jambi, Syarif Fasha.

Muslimin menyebutkan dalam rilisnya, Fasha mengungguli nama kandidat lain dan menyalip mantan Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) kemudian Gubernur petahana Fachrori Umar

"Fasha mendapatkan angka tertinggi di angka 16.0 persen.
HBA yang merupakan tokoh paling dikenal dan disukai ada di urutan kedua dengan angka 13.8 persen," sebut Muslim.

Bukan tanpa sebab, hal ini karena HBA yang telah menegaskan bahwa dirinya tidak akan mencalonkan diri dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020 mendatang.

"Diantaranya karena penegasan HBA yang tidak akan maju dalam Pilkada. Sehingga hal itu diketahui oleh publik dan mempengaruhi koresponden," ujar Muslimin.

Kemudian untuk Fachrori Umar memperoleh elektabilitas sebanyak 10.4 persen. Cek Endra menyusul dengan angka 9.4 persen, Al Haris 8.6 persen.

Selanjutnya Walikota Sungai Penuh berada di angka 5.3 persen lalu Safrial diposisi 4.8 persen. Terdapat Bakri hanya meraup angka 3.1 persen dan Kapolda Jambi, Muchlis di angka 1.1 persen.

Muslimin melanjutkan bahkan bila yang maju dalam Pilgub 2020 hanya beberapa nama seperti Fachrori Umar, Cek Endra, Al Harus, Syarif Fasha dan Bakri maka yang paling banyak dipilih tetap Fasha.  Hasil tersebut didapat dari pertanyaan secara tertutup.

Bahkan angka elektabilitas secara terbuka disebutkan hasilnya tidak berubah dengan Syarif Fasha yang teratas.

Sedangkan untuk kategori tokoh Jambi paling dikenal, HBA meraih posisi pertama dengan angka 82,6 persen. Fachrori Umar posisi kedua dengan angka 67,9 persen.

"Fasha diurutan ketiga dengan jumlah 55.9 persen," pungkas Muslim.

Dirinya menyebutkan angka tersebut belum final mengingat masih terdapat waktu delapan bulan kedepan untuk terus meningkatkan elektabilitas kandidat. (rvi)

Editor : Ansory S