Dinas PUPR Kerinci Akan Bangun Embung

Senin, 27 Januari 2020 - 21:54:34


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-KERINCI-Dinas PUPR Kota Sungaipenuh berencana akan melanjutkan pembangunan embung sebagai tempat penampung air bersih di musim hujan dan untuk persediaan air selama musim kemarau.

Pembangunan embung berlokasi di desa ulu Air Kecamatan Kumun Debai, saat ini masih dalam tahap proses proyek pengadaan tanah.

Kepala Dinas PUPR Kota Sungaipenuh, Martin mengatakan, setelah pengadaan tanah sekuas 1 hektar selesai dilaksanakan pada tahun 2019 lalu, kini dinas PUPR kembali melanjutkan pengadaan tanah tahap kedua seluas 1 hektar pada tahun 2020 dari total kebutuhan 3,5 hektar tanah yang direncanakan untuk pembangunan embung.

"Manfaat keberadaan embung selain sebagai sumber air bersih untuk membantu warga yang kesulitan air bersih, bisa juga digunakan sebagai sarana wisata air maupun untuk membantu pengairan persawahan dan perkebunan warga," ungkapnya.

Lanjutnya, setelah dilakukan pengadaan tanah pada tahun 2019 lalu seluas 1 hektar, selanjutnya akan dilakukan lagi penilaian harga tanah oleh otoritas jasa penilai harga tanah sebelum dilakukan pembelian, jika kebutuhan tanah sudah terpenuhi barulah akan dibangun embung.

"Kita berharap pembangunan embung nantinya bisa membantu masyarakat kota Sungaipenuh dalam memenuhi kebutuhan air bersih," pungkasnya.(son)

 

Editor  :  Ansory S