Tim Satgas Pangan Batanghari Sidak Beras Plastik

Senin, 27 Januari 2020 - 22:10:18


Tim Satgas Pangan Batanghari ketika turun dipusat perbelanjaan.
Tim Satgas Pangan Batanghari ketika turun dipusat perbelanjaan. /

radarjambi.co.id-BATANGHARI-Satuan Tugas (Satgas) Pangan Batanghari melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) beras plastik disejumlah pedagang maupun agen beras di tiga Kecamatan Kabupaten Batanghari, Senin (27/1).

Tiga kecamatan yang menjadi sasaran kali ini diantaranya, Kecamatan Muarabulian, Kecamatan Muara Tembesi dan Kecamatan Marosebo Ulu. Turun ke tiga Kecamatan, tim Satgas di bagi tiga kelompok.

Beberapa tempat-tempat yang menjadi sasaran sidak adalah pedagang dan agen beras di beberapa pusat perbelanjaan seperti di pasar tradisional maupun swalayan. Dari beberapa lokasi, tim mengambil sampel untuk di uji labor.

Kasubag perencanaan pengawasan ekonomi mikro kecil bagian ekonomi Setda Batanghari, Azmiyat, mengatakan dari hasil sidak yang dilakukan ada sembilan merek dari sample beras yang ambil untuk uji.

"Salah satu sample beras yang kita ambil itu yang bermerek luar negeri. Ini guna memastikan tidak adanya kandungan plastik pada beras yang di jual tengah masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Batanghari,” ungkapnya.

Menurut dia, uji labor ini dilakukan karena mareka kesulitan untuk membedakan mana yang beras plastik. Dan uji labor penting untuk dilakukan karena untuk mengetahui secara pasti kandungan pada beras.

“Sebab, jika dilihat secara kasat mata, beras yang diperjual belikan ini sulit untuk dinyatakan positif beras plastik. Karenanya, Kiita perlu melakukan pengujian lebih mendalam tim ahli terkait dengan kandungan beras,” tutupnya.

Sebelumnya, isu beras plastik ini muncuat di Kendari Sulawesi Tenggara. Pemkab Batanghari melalui Tim Satgas Pangan Batanghari tidak mau kecolongan dengan langsung bergerak cepat melakukan sidak dibeberapa tempat. (hmi)

 

Editor   :  Ansory S