Bappeda Tanjabbar Gelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2021

Selasa, 28 Januari 2020 - 22:09:12


H Firdaus Khatab Menandatangani Berita Acara Kegiatan.
H Firdaus Khatab Menandatangani Berita Acara Kegiatan. /

Radarjambi.co.id, TANJABBARAT- Pemerintah Tanjung Jabung Barat melalui Badan perencanaan pembanggunan derah (Bappeda) Tanjab Barat menggelar konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tanjung Jabung barat tahun 2021 di Aula kantor Kantor Bappeda, Selasa (28/1).

Dengan didampingi kepala Bappeda Drs H,Firdaus khatab, Seketaris Daerah menegaskan RKPD forum konsultasi publik ini dimaksud untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran Pembangunan Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2021.

"Pelaksanaan konsultasi publik ini merupakan salah satu tahapan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah RKPD sebelum dilaksanakan Musrenbang RKPD di kecamatan dan Musrembang RKPD Kabupaten," ujarnya.

Sekda menjelaskan, RKPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang disusun merupakan dokumen perencanaan daerah periode tahun 2021 yang berdasarkan arah kebijakan pembangunan daerah mengacu pada dokumen RPJMD Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2016 hingga 2021, serta memperhatikan prioritas pembangunan Provinsi Jambi dan Prioritas pembangunan nasional.

Selain itu, menurutnya RKPD tahun 2021 merupakan tahun kelima yang memiliki posisi critical point strategis menentukan keberhasilan pencapaian target RPJMD Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2016 hingga tahun 2021 sebagai tahap keempat RPJPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2005 hingga tahun 2025.

"Pada dasarnya pembangunan ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Oleh karena itu, dalam prosesnya pembangunan harus memperhatikan norma-norma, yaitu pembangunan tidak boleh menciptakan dan memperlebar ketimpangan serta pertumbuhan ekonomi yang dikejar tidak boleh menurun daya dukung yang akan menimbulkan kerusakan lingkungan," ucapnya

Sementara hal yang serupa juga ditegaskan Kepala Bappeda Tanjabbar, H Firdaus Khatab, kegiatan RKPD ini menurutnya baru difokuskan kordinasi sambil menunggu pelaksanaan Musrebang tingkat Kecamatan Bulan Maret mendatang.

"Saya harap ada sinergitas semua pihak, baik itu semua OPD serta jajaran pemerintahan hingga masyarakat untuk mempercepat proses pembangunan,” ujarnya usai acara konsultasi.

Kegiatan dihadiri Seketaris (Sekda) Tanjung Jabung Barat Agus Sanusi, Ketya DPRD Tanjabbar, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat di lingkungan Pemkab Tanjab Barat, pimpinan lembaga, BUMD, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, akademisi, mahasiswa dan lainnya.(ken)

 

Editor   :  Ansory S