Stabilkan Harga Bawang Putih Pemkot Sungai Penuh Gelar OP

Minggu, 01 Maret 2020 - 20:21:36


Operasi pasar bawang putih yang diadakan Pemkot Sungai Penuh
Operasi pasar bawang putih yang diadakan Pemkot Sungai Penuh /

radarjambi.co.id-SUNGAI PENUHSejak beberapa pekan terakhir, harga bawang putih di Pasar Tanjung Bajure, Kota Sungai Penuh mengalami kenaikan, bahkan kenaikan harga bawang putih tersebut sempat mencapai Rp. 60.000 /Kg.

Untuk menstabilkan harga bawang putih, Dinas Ketahanan Pangan Kota Sungai Penuh menggelar Operasi Pasar (OP) yang bertempat di lokasi terminal pasar Sungai Penuh.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Sungai Penuh, Muswadi, mengatakan bahwa operasi pasar yang di laksanakan selama satu hari tersebut bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan komsumsi bawang putih bagi masyarakat.

Apalagi untuk harga tertinggi bawang putih saat ini, masih berkisar Rp. 50.000 /Kg. Sementara dengan adanya operasi pasar pihaknya hanya menjual dengan Harpa Rp. 35.000 /Kg. Dengan harapan melalui operasi pasar tersebut, para pedagang bisa menurunkan harga bawang putih di tingkat konsumen.

“Kita berharap operasi pasar ini tidak menganggu aktifitas pedagang, karena ini kita lakukan hanya satu hari untuk membantu masyarakat,” ungkapnya.

Muswadi menyebutkan, stok bawang putih tersebut merupakan bantuan dari Kementrian Pertanian yang di ajukan melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, dimana Provinsi Jambi mendapatkan stok sebanyak 8 Ton, yang kemudian di distribusikan kepada 11 Kabupaten Kota, sementara untuk Kota Sungai Penuh hanya mendapat bagian sebanyak 350 Kg.

“Sebenarnya 350 Kg itu masih kurang jika dilihat dengan kebutuhan masyarakat, apalagi banyak usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Sungai Penuh yang menggunakan bawang putih, untuk itu kita berharap kedepan akan ada lagi operasi pasar yang dilaksanakan, terutama dalam menghadapi bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri,” tutupnya. (son)

 

Editor   :   Ansory S