Bahas Corona dan Pilkada, Bawaslu – KPU Gelar Rapat Bersama

Kamis, 19 Maret 2020 - 19:08:56


Komisioner KPU dan Bawaslu Foto bersama.
Komisioner KPU dan Bawaslu Foto bersama. /

radarjambi.co.id-JAMBI-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Rabu pagi (18/3) menggelar rapat bersama, dengan KPU Provinsi Jambi, guna membahas upaya pencegahan di tengah virus Corona (Covid-19), di tengah proses tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020 di Provinsi Jambi, di ruang Rapat Bawaslu Provinsi Jambi.

Menurut Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Asnawi R mengatakan, rapat bersama sekaligus koordinasi terbatas ini dilakukan oleh kedua lembaga penyelenggara Pemilu ini.

“Jadi pertemuan ini di inisiasi oleh Bawaslu dan KPU, sudah sejak awal, namun baru sekarang bisa terwujud,” ujarnya.

Dijelaskannya, Bawaslu dan KPU membahas terkait dengan persiapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020, termasuk mengenai pengawasan tahapan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

“Ada tantangan tersendiri, dalam penyelenggaraan Pilkada, yakni persoalan pencegahan dan antisipasi virus Corona (Covid-19), di tengah proses tahapan yang sendiri berjalan,” jelasnya.

Ia juga berharap prosedur proses penanganan pelanggaran dan pengawasan tetap berjalan, dengan tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan petugas di lapangan.

“Dengan rapat koordinasi ini dapat menyelesaian hal-hal yang bersifat urgent dan hal-hal yang menyangkut verifikasi perseorangan di Kabupaten Tanjabtim, soal daftar pemilih dan bimbingan teknis yang tidak boleh melibatkan banyak orang,” harapnya.

Pertemuan Bawaslu dan KPU ini juga dapat meningkatkan sinegritas, kebersamaan dan koordinasi bersama Bawaslu dan KPU dalam menjalankan amanah UU Nomor 10 Tahun 2016.

“Pertemuan ini juga dalam rangka memperkuat proses penyelenggaraan Pemilihan ini, dari tingkat provinsi hingga ke tingkat paling bawah sekali, mudah-mudah koordinasi ini tetap berjalan dengan baik,” harapnya lagi.

Hadir dalam pertemuan, dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Jambi didampingi Kepala Sekretariat dan Para Kabag Bawaslu Provinsi Jambi, serta Ketua dan Anggota KPU Provinsi Jambi didampingi Sekretaris KPU Provinsi Jambi.

Pertemuan kedua lembaga penyelenggara Pemilu ini, berlangsung dari pagi hingga siang tadi, penuh keakraban dan kekeluargaan, dan seusai menggelar rapat bersama,

Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Jambi didampingi Kepala Sekretariat, memberikan cinderamata/bingkisan yang berisi buku-buku Bawaslu Provinsi Jambi, ke Ketua dan Anggota KPU Provinsi Jambi didampingi Sekretaris KPU Provinsi Jambi. Terakhir melakukan foto bersama dan makan siang bersama. (rvi)

 

Editor  :  Ansory S