Hasil tes, Satu PDP di Tungkal Positif ada Virus

Rabu, 08 April 2020 - 13:11:19


Jumpa pers hasil pemeriksaan pasien PDP Tanjabbarat
Jumpa pers hasil pemeriksaan pasien PDP Tanjabbarat /

Radarjambi.co.id, TANJABBARAT – Berdasarkan data update kasus Covid-19 di Kabupaten Tanjab Barat per tanggal 7 April 2020, terdapat 14 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dari total berjumlah 18 orang, sisanya 4 orang berstatus telah selesai pemantauan.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, H. Taharuddin saat menggelar konferensi pers dengan menggunakan metode Sosial Distancing, Rabu (8/4).

Taharuddin menyampaikan, salah satu pasien ODP dilakakukaan Rapid Tes karena ada gangguan pada pernapasan yang menimbulkan gejala sesak napas. Tepat pada hari ketujuh setelah dilakukan pemeriksaan yang pertama menimbulkan gejala antibodi di tubuhnya.

“Kemudian, tim medis pun berkesimpulan bahwa yang bersangkutan untuk segera dirawat inap di RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal dan menaikkan statusnya dari ODP menjadi PDP," jelas Taharuddin.

Dari hasil Rapid Test yang terakhir kemarin, dijelaskannya hasilnya memang sudah timbul gejala positif terinfeksi virus di tubuhnya, namun belum bisa dipastikan ada Virus Korona.

“Hasil Rapid Test terhadap satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang bersangkutan dinyatakan positif ada virus di tubuhnya. Namun, virus tersebut belum dapat dipastikan apakah Covid-19 atau virus lainnya, yang pasti di tubuhnya ada virus,” jelasnya.

Untuk langkah selanjutnya, terhadap pasien tersebut nantinya akan dilakukan Swab Test oleh tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi. Saat ini tim dari Jambi sedang dalam perjalanan menuju Kuala Tungkal.

“Swab Test ini dilakukan untuk mendeteksi apakah pasien tersebut terpapar virus corona (covid-19) dan untuk mengetahui apakah pasien tersebut positif atau negatif terinfeksi virus corona," ungkap Taharuddin.

"Untuk Swab Test ini yang bisa melakukan hanya di Balitbangkes di Jakarta. Untuk hasil Swab Test ini paling cepat akan keluar hasilnya 7 hari,” tutupnya.

Untuk diketahui, Pasien PDP yang dirawat di RS KH Daud Arif Kuala Tungkal ini berinisial Perempuan dengan umur 47 Tahun dan merupakan warga Kuala Tungkal.

Dari riwayat perjalanan pasien PDP ini usai melakukan kunjungan atau bepergian melalui Jakarta. (ken)

 

Editor  :  Ansory  S