Tim Gugus Batanghari Lakukan Kontak Tracking Pasien Positif

Selasa, 21 April 2020 - 19:42:30


Kadis Kesehatan Batanghari memberkan keterangan pada wartawan
Kadis Kesehatan Batanghari memberkan keterangan pada wartawan /

radarjambi.co.id-BATANGHARI-Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Batanghari, langsung melakukan kontak tracking terhadap pasien yang dinyatakan positif hasil rapid test di Kabupaten Batanghari. Kontak tracking telah dilakukan mulai Senin Malam.

"Dan sebagian kita lakukan rapit tes yang ternyata kontak erat, terutama hari ini (Kemarin), keluarganya akan kita lakukan rapit tes," kata Juru Bicara Tim Gugus Kabupaten Batanghari, Elfi Yenie, dalam pres rilis di kantor BPBD Batanghari, Selasa (21/4).

Elfi Yenie turut mengajurkan kepada warga yang mempunyai riwayat kontak dengan pasien positif hasil rapid test ini, untuk melakukan pemeriksaan terhadap dirinya. Pemerisan tersebut bisa dilakukan di fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada.

"Idialnya terhadap semua yang sudah terkontak dengan pasien harus di lakukan rapit tes, namun karena alat tes kita terbatas, kita lakukan untuk prioritas, untuk saat ini keluarganya, ada 3 orang, satu istri dan dua anak," ucapnya.

Karena pasien ini adalah pedagang, maka pasien ini cukup beresiko karena memiliki kontak yang cukup banyak dengan masyarakat. "Kita akan identifikasi betul, akan kita lacak secara benar, ini di maksudkan untuk memutus mata rantai Covid 19," ujarnya.

Seperti diketahui, satu pasien pasitif hasil rapid test di Kabupaten Batanghari ini merupakan salah satu dari delapan orang yang telah melakukan mengikuti ijtima ulama dunia di Gowa Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, tim gugus telah ditemukan 8 orang yang berada di tiga Kecamatan. Dua orang di Kecamatan Muarabulian, tiga orang di Kecamatan Muara Tembesi dan tiga orang di Marosebo Ilir.

Dan dari delapan orang tersebut, hanya satu yang dinyatakan positif hasil rapid test. Tujuh lainnya hasilnya negatif, namun status semuanya Orang Tanpa Gejala (OTG) yang mempunyai riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif.(hmi)


Editor : Ansory S