Pasien Positif 09 Kota Jambi Perempuan Usia 25 Tahun Tinggal di Kelurahan Rawasari

Sabtu, 25 April 2020 - 21:06:07


Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jambi, H Syarif Fasha
Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jambi, H Syarif Fasha /

Radarjambi.co.id-KOTAJAMBI-Walikota Jambi, Syarif Fasha  sekaligus sebagai Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jambi dalam konferensi pers di Aula Grya Mayang, Sabtu sore (25/4), menyampaikan bahwa Kota Jambi terjadi penambahan pasien positif Covid-19.

Disampaikan Ketua tim  gugus tugas, Syarif Fasha bahwa sampai dengan tanggal 24 April 2020 telah diambil swab sebanyak 14 Swab dan dikirim ke laboratorium litbangkes Kementerian Kesehatan.

Hari ini tanggal 25 April hingga jam 16.00 WIB dari Kementerian Kesehatan telah mengumumkan ada penambahan Covid-19 di Provinsi Jambi sebanyak 3 orang dan penambahan di kota Jambi sebanyak 1 orang.

" Yaitu pasien positif 09 Kota Jambi berjenis kelamin perempuan dengan usia 25 tahun Alamat di Kelurahan Rawasari, Kecamatan Alam Barajo. Kasus 09 Kota Jambi yaitu istri dari Cluster Gowa dengan rapid test positif kasus dirawat di salah satu rumah sakit di kota Jambi yaitu, rumah sakit Abdul Manap,"terangnya.

"Kemudian kronologisnya kasus berinisial HF umur 25 tahun riwayat perjalanan pasien adalah kontak erat dengan suaminya, yaitu AF yang baru pulang dari Makassar atau Gowa,"sambungnya.

Selanjutnya dikatakan, Fasha bahwa pada tanggal 21 April 2020 dilakukan rapid test dengan menunjukkan hasil yang positif, pasien langsung di rawat inap di rumah sakit Abdul Manap Kota Jambi.

 "Tanggal 22 April 2020 jam 11.00 WIB pengambilan swab dan tinggal menunggu hasilnya. Hari Ini hasilnya sudah dikeluarkan dan hasilnya positif,"ujarnya.

Adapaun tindakan yang sudah dilakukan terhadap Cluster tersebut, yaitu Dinas Kesehatan dan Puskesmas sudah melaksanakan penyelidikan epidemiologi pada kasus dan juga sudah melakukan kontak tracking di pesantren yang beralamat di Kelurahan Rawasari.

"Sebanyak 77 orang Santri sudah dilakukan rapid test dan hasilnya menunjukkan semuanya negatif,"terang Fasha. 

Disampaikan Fasha bahwa saat ini pemantauan terus menerus dilakukan terhadap pasien dan keluarga pasien yang akan oleh tim surveilans Puskesmas.

"Jadi sampai dengan hari ini kasus terkonfirmasi covid-19 di kota Jambi berjumlah 9 kasus,"ujarnya.

Fasha kembali mengingatkan kepada khususnya Cluster Gowa dan keluarga untuk betul-betul mentaati apa yang sudah  disampaikan oleh pemerintah.

"Saya masih mendapat laporan ada oknum-oknum yang sudah dilakukan rapid test dan hasilnya positif yang saat ini disuruh isolasi di rumah secara mandiri tetapi masih juga menjadi imam di beberapa tempat,"ungkapnya.

"Kami Ingatkan dan saya sudah intruksikan kepada pihak Kepolisian untuk menjemput paksa yang bersangkutan dan Kemungkinan besok atau lusa akan kami kirim ke rumah sakit Abdul Manap,"tegas Fasha.

Fasha juga menghimbau kepada kontak-kontak tracking pihak keluarga dan lain sebagainya agar lebih berhati-hati dan waspada terkait dengan kontak tracking pasien-pasien yang positif.

"Apabila anda menemukan gejala gejala demam batuk pilek sakit tenggorokan dan nafas yang sesak supaya menghubungi Puskesmas yang terdekat agar mendapatkan perawatan yang dan melakukan rapid test,"pungkasnya.(ria)

 

EDITOR : ANSORY S