Warga Batanghari Positif Corona Sudah di Isolasi di RS Hamba

Minggu, 26 April 2020 - 20:19:10


Sehan
Sehan /

radarjambi.co.id-BATANGHARI-Hasil swab tes pasien yang sebelumnya positif Rapid Test di Kabupaten Batanghari akhirnya keluar. Dari hasil tersebut, pasien dinyatakan positif corona virus disease (Covid 19).

"Pasien A yang sedang di isolasi di RSUD Hamba Muarabulian, hasil uji swab positif," tulis Juru Bicara Tim Gugus Kabupaten Batanghari, Sehan Sopyan, dalam rilis yang diterima media ini Minggu, (26/4).

Dalam rilis itu, untuk sementara pasien A yang merupakan pasien klaster Gowa Sulewesi Selatan, tetap akan ditangani di Kabupaten Batanghari dengan rencanaya dirawat di RSUD Hamba Muarabulian.

"Rencana tetap akan dirawat di RSUD Hamba Muarabulian. Dan Hari Ini (Kemerin-red), pasien sudah mulai dapat terapi COVID-19 sesuai standar World Health Organization (WHO)," tulisnya lagi.

Meski hasil swab ini telah keluar, namun pasien akan dilakukan uji swab ulang pada hari ke 14-15. Hal ini dilakukan untuk melihat perkembangan atau kemajuan/ kesembuhan pasien.

Sebelumnya, tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Batanghari melakukan tracking terhadap warganya yang mengikuti ijtima ulama dunia di Gowa Sulawesi Selatan.

Dari tracking tersebut telah ditemukan 8 orang yang berada di tiga Kecamatan. Dua orang di Kecamatan Muarabulian, tiga orang di Kecamatan Muara Tembesi dan tiga orang di Marosebo Ilir.

Selanjutnya, delapan orang ini pun ditetapkan status Orang Tanpa Gejala (OTG) yang mempunyai riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif. Dan telah dilakukan tindak lanjut karantina dan pemeriksaan rapid test.

“Hasilnya pun semua negatif, namun ada satu yang hasilnya meragukan,” ungkap Sehan Sopyan, sebelumnya. Kemudian untuk pasien yang diragukan diadakan pemeriksaan kembali pada pasien bernisial A, yang merupakan Warga Kelurahan Muarabulian dengan riwayat perjalanan dari Gowa.

“Dan hasilnya rapid test positif. Pasien kondisi stabil, saat ini sudah di isolasi di RSUD Hamba. Untuk memastikan diagnosa Covid-19 akan dilakukan uji Swab,” terangnya.(hmi)

 

Editor  :  Ansory S