Mengejutkan, Kesbangpol Sarolangun Gandeng BNN Tes Urine 100 Orang Lebih Bendaharawan

Selasa, 21 Juli 2020 - 19:49:27


Dari Kiri Kakan Kesbanpol Hudri, Kasat Narkoba IPTU Lumbrian Hadi Putra, Kasi Berantas BNNK AKP Cahya dan Kepala BKPSDM H A Waldi Bakri
Dari Kiri Kakan Kesbanpol Hudri, Kasat Narkoba IPTU Lumbrian Hadi Putra, Kasi Berantas BNNK AKP Cahya dan Kepala BKPSDM H A Waldi Bakri /

RADARJAMBI.CO.ID-SAROLANGUN-Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sarolangun menggandeng tim BNNK Batanghari, guna melakukan tes urine terhadap 100 orang lebih bendaharawan yang ada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Ratusan Bendaharawan di SKPD dilakukan tes urine mendadak setelah mengikuti acara sosialisasi Gerakan Non Tunai (GNT) di ruang pola Pemkab Sarolangun pada Selasa (21/07), sekitar pukul 11.00 WIB.

Kepala Kesbangpol Sarolangun, Hudri, M.Pdi menyebutkan, tes urine mendadak dilakukan atas arahan pak Bupati H Cek Endra, karena jauh dari pengharapan, semua pengelola keuangan tidak terlibat sebagai pengguna narkoba.

“Ini merupakan langkah awal, selanjutnya kegiatan tes urine terhadap ASN akan dilakukan secara continue,”ujarnya

Selain itu, kata Hudri kegiatan ini dilakukan atas rujukan pada Inpres Nomor 02 Tahun 2020  tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

“Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk membuktikan apakah pengelola keuangan mengkonsumsi narkoba atau tidak, sehingga dilakukan pendeteksian dini, sebab Pemkab Sarolangun konsen dalam pencegahan dan penuntasan narkoba,”jelasnya.

Dipaparkan Kakan Kesbanpol, dari rencana semula tercatat 133 bendaharawan yang akan dites urine, ini termasuk bendaharawan di kantor camat, hanya saja dari daftar kehadiran tidak semua bendaharawan yang datang mengikuti acara sosialisasi GNT.

“Sepertinya 80 persen dari jumlah bendaharawan di SKPD termasuk bendaharawan bertugas di Kantor Camat sudah dilakukan tes urine. Terkait dengan hasilnya diperkiran paling lama satu minggu kedepan,”ucapnya.

Disamping itu, berkaitan dengan tindakan yang akan dilakukan, jika ada oknum bendaharawan yang terdeteksi positif dari hasil tes urine, dijelaskan Hudri, jika hal tersebut akan dilakukan koordinasi dengan BKPSDM.  

“Pastinya kita akan melakukan koordinasi dengan BKPSDM, kalau ada indikasi dari tes urine yang positif, untuk saat ini kita belum bisa mengutarakan sanksi,”terangnya.

Terlihat hadir dalam kegiatan tes urine, Kepala BKPSDm H A Waldi Bakri, Kasi Berantas BNNK Batanghari AKP Cahya dan Kasat Narkoba Polres Sarolangun, IPTU Lumbrian Hayudi Putra.

 

PENULIS; CHARLES R

EDITOR: ANsory S