Dukcapil Muarojambi Jemput Bola Cetak Administrasi Warga

Senin, 10 Agustus 2020 - 16:35:29


Warga pemula yang baru mendapatkan KTP
Warga pemula yang baru mendapatkan KTP /

radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Muarojambi melakukan jemput bola untuk mencetak administrasi warga seperti, KTP, KK, Akte Kelahiran, Akte Kematin dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Program ini dinamakan pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil, dengan program ini warga masyarakat yang belum memiliki identitas penduduk bisa langsung membuatnya.

Sebab, Capil menggunakan mobil keliling yang dilengkapi dengan peralatan pencetak identitas warga.

''Ini sudah kecamatan ke 9 yang kita datangi, yaitu desa Sekernan dan Tunas Mudo. Dan kita akan melakukan perekaman di seluruh kecamatan,'' tutur Kepala Dinas Dukcapil Muarojambi Zakaria.

Zakaria menjelaskan, sasaran porgram ini yaitu anak muda dan orang tua yang belum memiliki KTP. Tak hanya KTP, KK juga bisa langsung di cetak dan jadi dalam waktu singkat.

''Pelaratan kita ini langsung terkoneksi jadi warga yang sudah melakukan perekaman bisa langsung di cetak KTPnya,'' sebutnya.

Selain KTP dan KK, warga juga bisa mencetak akte kematian bagi keluarganya. ''Pencetakan akte kematian ini sangat diperlukan untuk data kependudukan. Sebab jika warga sudah meninggal dan tidak dilaporkan datanya tetap akan muncul. Apa lagi kadang ada warga yang tidak melapor, jika sudah melapor datanya bisa dihapus,'' ujar Zakaria.

Antusias warga sangat tinggi dengan program ini, terbukti warga antri dengan tertib untuk melakukan perekeman dan pencetakan KTP.

''Kalau di kantor capilkan jauh. Disini tidak, asalkan persaratan lengkap foto, langsung keluar E KTPnya,'' sebutnya.

Capil Muarojambi tetap menerapkan protokol kesehatan bagi warga yang hendak melakukan perekaman. Hand sanitaiser disiapkan dan disemprotkan ke warga yang hendak melakukan perekaman.

''Untuk kesehatan bersama protokol kesehatan tetap kita terapkan,'' tukansya. (akd)