Alokasi Dana Rp 200 Juta Per Desa, H Cek Endra Gulirkan Gerakan Peningkatan Pangan

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 21:19:14


H Cek Endra Didampingi Wabup dan Ketua DPRD dan Direktur RSUD CQ ketika diwawancarai awak media (dok)
H Cek Endra Didampingi Wabup dan Ketua DPRD dan Direktur RSUD CQ ketika diwawancarai awak media (dok) /

RADARJAMBI.CO.ID-SAROLANGUN-Bupati Sarolangun, Drs H Cek Endra memfokuskan realisasi Program Percepatan Desa dan Keluarahan (PPDK) atau dikenal alokasi dana Rp 200 juta yang bersumber dari APBD 2020, untuk 149 Desa dan 9 Kelurahan ke peningkatan ketahanan pangan.

Hal ini dikatakan H Cek Endra ketika diwawancarai awak media, beberapa waktu yang lalu. Menurutnya, fokus realisasi PPDK untuk peningkatan ketahanan pangan, karena mengantisipasi atas dampak pandemi Corona Virus Desiase (Covid-19) yang terjadi di tengah masyarakat Kabupaten Sarolangun.

“Semua desa diminta untuk siap menggerakkan PPDK dengan melakukan peningkatan ketahanan pangan dengan memanfaatkan dana Rp 200 juta,”katanya.

Selain itu, H Cek Endra berharap 149 desa bisa memanfaatkan potensi lahan yang ada atau memproduktifkan lahan tidur, minimal 10 hektar untuk ditanami padi pada masing-masing desa.

“Dengan modal Rp 200 juta per desa, sehingga persoalan pangan di Kabupaten Sarolangun pada tahun 2021 akan datang dalam kondisi aman,”ucapnya.

Terkait dengan realisasi PPDK 2020 untuk peningkatan ketahanan pangan ini, Bupati H Cek Endra sudah menyampaikan ke pimpinan DPRD dan anggota DPRD dalam paripurna yang mengagendakan penyampaian tanggapan eksekutif atas pandangan umum fraksi terhadap RKUA dan PPAS APBD-P Kabupaten Sarolangun tahun 2020, belum lama ini.

 

PENULIS: CHARLES R

EDITOR: ANSORY S