Pengabdian Kepada Masyarakat Kota Jambi di Tengah Pandemi

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Jadi Relawan Covid-19 di Dinas Sosial Kota Jambi

Selasa, 01 September 2020 - 15:56:19


Tiga orang mahasiswa Unri asal Kota Jambi melaksanakan Kukerta Relawan Wabah Covid-19 di Dinas Sosial Kota Jambi.
Tiga orang mahasiswa Unri asal Kota Jambi melaksanakan Kukerta Relawan Wabah Covid-19 di Dinas Sosial Kota Jambi. /

RADARJAMBI.CO.ID- Virus Corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini sering disebut COVID-19, menyebabnya gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga bisa menyembabkan kematian.

Virus corona nampaknya sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat. Semua kalangan masyarakat di berbagai sektor merasakannya mulai dari sektor Ekonomi, Pendidikan dan yang lainnya. Dampak dari pendemi ini dirasakan langsung oleh seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sadar akan situasi ini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Riau (LPPM UNRI) membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) dalam bentuk kegiatan relawan.

Sebagai bentuk pengabdian masyarakat di tengah pandemi Covid-19, tiga orang mahasiswa Unri asal Kota Jambi melaksanakan Kukerta Relawan Wabah Covid-19 di Dinas Sosial Kota Jambi.

Tiga orang mahasiswa tersebut antara lain yaitu Rystian Noorsega (Fakultas Pertanian), Prayoga Trio Ariandi (Fakultas Pertanian), dan Nurul Fathonah (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Salah satu bidang yang menjadi fokus mereka bertiga untuk mengabdi di masyarakat adalah bidang pemberdayaan pakir miskin.

Menurut Rystian selaku ketua tim kukerta, bidang ini turut serta berinteraksi dan membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 di Kota Jambi. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh mereka adalah melakukan cek ulang data penerima bantuan sosial, pembagian bansos tahap III kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, penghitungan dan penurunan sembako tahap III, pembuatan surat pengantar BPJS bagi masyarakat kurang mampu.

Serta menjalankan beberapa program kerja mereka yaitu pemasangan spanduk sosialisasi new normal dan pembagian hand sanitizer gratis.

Prayoga menuturkan bahwa menjalankan Kukerta disini adalah bentuk pengabdiannya kepada masyarakat Kota Jambi. “Kita senang melihat mereka mendapatkan bantuan, apalagi memang kondisinya sedang sulit karena wabah ini,” tuturnya.

Nurul Fathonah juga mengatakan bahwa kegiatan sehari-hari disini sangat sibuk karena banyak masyarakat yang berdatangan setiap hari. Ia menjelaskan bahwa banyak masyarakat yang masih belum paham mengenai prosedur pencairan bantuan dana maupun kriteria masyarakat penerima bantuan sosial.

Selain membagikan sembako, mereka bertiga juga membagikan hand sanitizer gratis. Tim Kukerta Relawan Wabah Covid-19 Kota Jambi mencoba untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan cara membagikan Hand Sanitizer gratis kepada masyarakat Kota Jambi.

Tidak lupa pula untuk mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker, membawa hand sanitizer, menjaga jarak, dan tidak berkerumun, dengan melakukan pemasangan spanduk new normal di depan kantor dinas sosial.

“Hand sanitizer yang sudah kami kemas dalam botol sprayer, langsung dibagikan ke masyarakat yang datang ke Dinas Sosial. Siapa pun yang datang untuk keperluan apapun, misalnya mengambil sembako dan kepengurusan BPJS, langsung kami berikan. Lalu Spanduk New Normal sudah kami pasang di depan kantor, agar langsung dilihat langsung oleh masyarakat yang dating ke kantor Dinas Sosial. Dengan ini, diharapkan kesadaran masyarakat akan kebersihan tangan meningkat, dengan menggunakan Hand Sanitizer tersebut saat bepergian keluar rumah, serta mengikuti Protokol kesehatan sesuai peraturan pemerintah, dan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19”. Tutur Rystian.

Ketua Tim Kukerta, Rystian Noosega juga mengatakan, program Kukerta ini merupakan suatu bentuk kepedulian kami sebagai mahasiswa terhadap kondisi pandemi saat ini, kami dapat melihat dan merasakan secara langsung bagaimana masyarakat yang terdampak akibat pandemi ini.

Senang melihat masyarakat mendapatkan bantuan berupa sembako dan bantuan lainnya, walaupun harus mengantri lama, karena banyaknya masyarakat yang datang untuk mengambil bantuan sembako, mudah- mudahan bantuan tenaga kami di Dinas Sosial dan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat Kota Jambi. Dan kami mengucapkan terimakasih kepada Dinas Sosial Kota Jambi, yang telah menerima kami menjadi Relawan Wabah Covid-19 di sini, suatu kebanggaan bagi kami menjadi bagian dari penanganan wabah ini.

Menurut mereka, selain menyelesaikan kewajiban kukerta, kegiatan ini juga bisa menjadi ladang amal dalam ikut serta menjadi relawan dan membantu masyarakat dalam penanganan Covid-19 di Kota Jambi. Kepala Dinas Sosial Kota Jambi yang diwakili oleh Sekretarisnya, Hasya Yanto juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Universitas Riau yang telah mengikutsertakan mahasiswanya dalam penanganan Covid-19. (*)