Gubernur Ajak Masyarakat Tingkatkan Ibadah & Terapkan Protokol Covid

Jumat, 11 September 2020 - 12:42:13


Gubernur Jambi Fachrori Umar
Gubernur Jambi Fachrori Umar /

RADARJAMBI.CO.ID-Menyikapi Covid-19, Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengajak masyarakat untuk senantiasa disiplin menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan meningkatkan ibadah. Hal tersebut disampaikannya dalam khotbah singkatnya saat menjadi khotib Sholat Jum’at di Masjid Azizi Kelurahan Payo Lebar Kebun Jeruk, Kota Jambi, Jum’at, 11 September 2020.

Fachrori mengemukakan, mewabahnyaCovid-19 di seluruh dunia merupakan sebuah pelajaran bagi umat manusia, untuk meyakini dengan adanya suatu peristiwa pasti ada hikmahnya, dan setiap kejadian pasti ada maknanya, setiap musibah pasti ada pelajaran yang bisa dipetik. “Mari kita introspeksi diri untuk selalu ingat kepada Allah SWT,”ujar Fachrori.

“Covid-19 ini dapat menyerang semua orang, baik yang tua maupun yang muda, kaya miskin, laki-laki maupun perempuan, muslim maupun non muslim, semua dapat diserang tanpa kecuali, melalui Covid-19, ini manusia diingatkan akan dosa, maksiat, dan kemungkaran. Melalui virus ini kita ditegur atas banyaknya kemungkaran dan banyaknya manusia sudah tidak menghiraukan lagi perintah Allah SWT. Untuk itu, marilah kita bersama kuatkan iman, mari kita dekatkan diri kita kepada Allah SWT dengan cara jauhi larangan-Nya dan laksanakan perintah-Nya,”kata Fachrori.

Fachrori mengatakan bahwa Covid-19 merupakan ujian  bagi umat manusia. Ganasnya penyebaran wabah Covid-19 menjadi ancaman terhadap aktivitas masyarakat, dan untuk meminimalisir berkembangnya wabah mematikan tersebut, berbagai kebijakan diambil oleh pemerintah, guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Fachrori mengajak masyarakat untuk selalu meningkatkan ibadah, meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. ”Mari kita tingkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT dengan beribadah dan  memperbanyak zikir kepada Allah SWT. Ibadah  akan menentramkan  jiwa dan menenangkan hati,”kata Fachrori.

“Selain itu, kita harus menjaga daya tahan tubuh kita. Mari kita menjaga diri kita, selalu melakukan anjuran pemerintah yaitu dengan sering mencuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah, hindari kerumunan, jaga jarak, sesuai anjuran Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19,”kata Fachrori.

Fachrori juga mengajak masyarakat untuk memperbanyak sedekah dan kembali berserah diri kepada Allah melalui shalat dan do’a, dan memohon Allah segera mengangkat musibah Covid-19.

”Pemerintah seluruh dunia telah melakukan berbagai upaya untuk pencegahan, dan semua upaya sudah dikerahkan, pemerintah Indonesia termasuk Provinsi Jambi telah melakukan seluruh upaya,”kata Fachrori.(*)

Pada kesempatan ini, Fachrori menyerakan bantuan pribadi Rp10 juta kepada Masjid Azizi yang diterima oleh pengurus Masjid Azizi.