Jadi Gubernur Jambi, Ini Program Haris-Sani untuk Kabupaten Muaro Jambi

Minggu, 18 Oktober 2020 - 18:13:39


Al Haris
Al Haris /

radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Calon Gubernur Jambi nomor urut 3, Al Haris, sudah memiliki visi misi bahkan rencana aksi dan program prioritas pembangunan Provinsi Jambi. Saat berkunjung ke Sungai Bahar, Minggu (18/10/2020), Al Haris yang maju berpasangan dengan Kiyai Abdullah Sani ini, memaparkan program-program kerjanya.

Silaturahmi dengan warga Bahar itu dilaksanakan di gedung HPHI Unit IV dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Al Haris disambut antusias perwakilan warga dan tokoh masyarakat Sungai Bahar, Bahar Selatan dan Bahar Utara.

H Mamat Rahmat, warga Sungai Bahar mengatakan, ia sudah mengetahui gaya kepemimpinan Al Haris selama menjadi Bupati Merangin. Haris dinilainya berhasil saat memimpin Merangin. Dan atas alasan itu, ia yakin Al Haris calon gubernur yang tepat untuk memimpin Provinsi Jambi.

"Beliau perhatian dengan agama dan adat. Beliau membawa perubahan pembangunan di Merangin. Beliau sudah teruji dua periode jadi bupati, dan itu sangat meyakinkan saya mendukung beliau," kata H Mamat Rahmat.

Sementara, Al Haris yang diusung PAN, PKS dan PKB di Pilgub Jambi 2020 ini, menegaskan bahwa ia sengaja datang ke Sungai Bahar untuk melihat kondisi masyarakat lebih dekat.

"Supaya saya kenal dengan masyarakat dan masyarakat tau dengan saya, jangan sampai sama dengan membeli kucing dalam karung. Kita harus tau rekam jejak calon yang dipilih, jelas kualitasnya dan sudah teruji," kata Al Haris.

"Saya juga ingin tahu persoalan yang mendasar di tengah masyarakat, harus tahu persoalan prinsip yang dibutuhan, sehingga program yang kami bikin benar-benar untuk kebutuhan masyarakat," tambah Al Haris lagi.

Al Haris memperkenalkan wakilnya, Abdullah Sani, yang merupakan seorang ulama. Kata Haris, ia sengaja memilih wakilnya seorang ulama karena ingin membangun Jambi tidak hanya infrastruktur, tetapi juga mental dan akhlak masyarakat.

"Jadi saya ini birokrat murni, saya mulai berkarir dari lurah hingga jadi bupati, kuliah saya juga ilmu pemerintahan. Wakil saya seorang ulama yang tujuannya kami tidak hanya membangun Jambi bidang infrastrukturnya saja, tapi agamanya juga dibangun," sebutnya.

Berikut program prioritas kegiatan dan pembangunan Al Haris-Abdullah Sani jika nanti jadi Gubernur-Wakil Gubernur Jambi untuk Kabupaten Muaro Jambi :

- Gratis Vaksinasi Covid-19, Masker, dan Handsanitizer

- Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19 untuk keluarga miskin dan terdampak

- Bantuan modal usaha pedagang kecil
- Penanggulangan Covid-19 oleh Puskesman
- DUMISAKE - 2 M per kecamatan dalam wujud : BEDAH RUMAH, Beasiswa pendidikan SD-SLTP-SLTA-S1 dan S2, 1.000 menara wifi gratis setiap desa-kelurahan, Bantuan Operasional Lembaga Adat Melayu Desa, bantuan Operasional Santri Pontren Rp 10 jt per 50 murid, Kartu Sehat : berupa bantuan biaya kesehatan melalui subsidi BPJS bagi keluarga miskin, Pembangunan infrastruktur desa (jalan dan air bersih).

- Membangun Digitalisasi pemasaran produk-produk UMKM dan Fasilitasi Akses Perbankan

- Penguatan kelembagaan koperasi dan pusat pemasaran produk-produk UMKM Provinsi Jambi

- Mensinergikan usaha BUMD dengan UMKM dalam hal produksi dan pemasaran.

- Percepatan pembangunan pabrik aspal berbahan baku karet dan mendorong penggunaan karet sebagai bahan baku aspal.

- Program peremajaan sawit rakyat, karet rakyat dan kelapa dalam rakyat

- Mendorong percepatan pengembangan kawasan pariwisata percandian Muaro Jambi sebagai destinasi wisata dunia

- Revitalisasi dan fasilitasi objek wisata unggulan di kabupaten

- Pengembangan Kawasan Industri SENTUSA (Sengeti – Tungkal – Sabak) melalui Pembangunan fasilitas umum kawasan, antara lain : (a) Rumah Sakit, (b) Sekolah Kemaritiman, dan (c) Perguruan Tinggi.

- Fasilitasi Pembangunan Baru Jembatan Batanghari III;

- Irigasi Rudah dan Kumpeh di Kabupaten Muaro Jambi;

- Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di perdesaan.

- Pengembangan SMK berbasis kompetensi dan keunggulan lokal.

- Penambahan RKB SMA/SMK

- Peningkatan life skill santri/santriwati;

- Pembangunan Jambi Sport Center.

- Pemberian beasiswa bagi atlet yang berprestasi.

- Restorasi lahan-lahan yang terancam (GEBERMEWAH).

- Fasilitasi Pembentukan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) melalui Revisi RTRW Provinsi guna pengendalian aktivitas PETI

- Pengembangan Kawasan Kampung Pangan Terpadu

- Revitalisasi peran PPL dan Pengangkatan Baru melalui Pola Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Dari program di atas, diketahui bahwa Cagub-Cawagub Jambi Al Haris-Abdullah Sani, adalah satu-satunya kandidat yang memiliki rencana program yang sudah tersusun matang dan bisa langsung diimplementasikan jika nanti dipercaya masyarakat menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi.(akd)