Tekanan Inflasi Jambi Oktober 2020 Meningkat

Minggu, 08 November 2020 - 19:37:57


Gedung Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi
Gedung Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi /

radarjambi.co.id, JAMBI-Terkait inflasi Provinsi Jambi pada Oktober 2020, Berdasarkan data BPS Provinsi Jambi mengalami inflasi bulanan sebesar 0,75 persen (mtm). Dengan angka tersebut, maka secara tahunan Jambi mengalami inflasi sebesar 1,75 persem (yoy) dan secara tahun berjalan tercatat inflasi Jambi sebesar 1,72 persen (ytd).

Secara keseluruhan, jenis barang dan jasa yang memberikan andil terbesar adalah komoditas pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau, yaitu cabai merah (andil 0,38 persen), daging ayam ras (andil 0, 10 persen), dan minyak goreng (andil 0,05 persen) serta kelompok perawatan pribadi dan jasa Iainnya khususnya shampo (andil 0,01 persen).

"Secara umum, inflasi Provinsi Jambi disebabkan oleh kenaikan harga komoditas cabai merah seiring dengan berkurangnya Stok di tingkat pedagang eceran akibat pasokan yang berkurang dari petani. Kenaikan harga daging ayam ras disebabkan oleh berkurangnya Stok disertai peningkatan permintaan pada bulan laporan," ucap Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) provinsi Jambi Suti Masniari Nasution dalam rilisnya, Minggu (8/11).

Ditambahkan Suti Masniari Nasution, sementara meningkatnya harga minyak goreng dipengaruhi oleh kenaikan harga minyak kelapa sawit baik di tingkat domestik maupun internasional. Selanjutnya, inflasi kelompok perawatan pribadi dan jasa Iainnya khususnya komoditas shampo terjadi seiring dengan penyesuaian yang dilakukan Oleh pelaku usaha di tahun 2020.

Sementara, kelompok transportasi mengalami deflasi dan menjadi penahan inflasi pada Oktober 2020. Komoditas transportasi yang menjadi penyumbang utama deflasi, yakni mobil (andil deflasi 0,01 persen).Komoditas mobil menjadi penyumbang deflasi utama kelompok ini seiring dengan masih rendahnya daya beli masyarakat
sehingga cenderung untuk menahan konsumsi barang tersier seperti mobil.

Adapun rincian perkembangan inflasi di Jambi adalah sebagai berikut:
Kota Jambi:
Bulanan : 0,77% (mtm)
Tahun Berjalan : 1,77% (ytd)
Tahunan : 1,83% (yoy)
Inflasi utamanya didorong oleh peningkatan harga yang terjadi pada cabai merah (andil 0,45%), daging ayam ras (andil 0,12%), bawang merah (andil 0,06%), minyak goreng (andil 0,06%), dan pepaya (andil 0,04%). Sementara komoditas penyumbang deflasi antara lain telur ayam ras (andil -0,02%), jeruk (andil -0,02%), tarif listrik (andil -0,02%), ikan dencis (andil -0,02%), dan ikan tongkol/ikan ambu-ambu (andil -0,02%).

Kabupaten Bungo:
Bulanan : 0,59% (mtm)
Tahun Berjalan : 1,30% (ytd)
Tahunan : 1,12% (yoy)
Inflasi utamanya didorong oleh peningkatan harga yang terjadi pada komoditas cabai merah (andil 0,69%), minyak goreng (andil 0,05%), cabai rawit (andil 0,01%), seng (andil 0,01%), dan ketimun (andil 0,01%). Sementara komoditas penyumbang deflasi antara lain emas perhiasan (andil -0,04%), jeruk (andil -0,04%), ikan serai (andil -0,03%), jengkol (andil -0,03%), dan kentang (andil -0,02%).

 

"Mempertimbangkan kondisi terkini serta kebijakan pemerintah maupun pelaku usaha, tekanan inflasi pada November 2020 di Provinsi Jambi diprakirakan tetap terkendali," jelas Suti Masniari Nasution.

Meredanya tekanan inflasi utamanya akan didorong oleh bertambahnya pasokan bahan pangan seiring dengan terjaganya  produksi dan lancarnya distribusi.

"Di Sisi Iain, kebijakan penurunan tarif pelanggan listrik golongan rendah serta penurunan tarif angkutan udara di masa  pandemi diprakirakan dapat mengurangi tekanan inflasi pada November 2020," pungkasnya. (***)

 

Editor:Hilman