Jokowi Bakal Beri Gelar Pahlawan Nasional ke 6 Tokoh Ini, Termasuk Raden Mataher

Senin, 09 November 2020 - 21:54:53


Jokowi
Jokowi /

radarjambi.co.id-Jakarta - Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengumumkan ada enam tokoh yang akan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional (Harwan) oleh Presiden pada tahun ini. Keenam tokoh ini berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

"Apabila tidak ada perubahan, Presiden akan menganugerahi gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh. Nama-nama tentunya sudah melalui proses seleksi oleh Kementerian Sosial dan Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/11/2020).

Keenam tokoh tersebut, lanjutnya, adalah Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, Macmud Singgirei Rumagesan, Raja Sekar dari Provinsi Papua Barat, Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto, Tjokrodiatmodjo dari Provinsi DKI Jakarta, Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara, MR. SM. Amin Nasution dari Provinsi Sumatera Utara, dan Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi dari Provinsi Jambi.

Ia mengatakan upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional akan digelar di Istana Negara pada 10 November 2020 pukul 10.00 WIB nanti, dengan Inspektur Upacara Presiden RI.

"Selain itu di tanggal 10 November nanti akan ada dua acara utama lainnya. Pertama, Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata pada 10 November pukul 08.00 WIB dengan Inspektur Upacara Presiden RI dan cadangan Irup Wakil Presiden RI. Kedua, Upacara Tabur Bunga di Laut di Perairan Teluk Jakarta dengan Inspektur Upacara Ketua DPR-RI dan Cadangan Irup Wakil Ketua DPR-RI," jelasnya.

Tentang peringatan Hari Pahlawan 2020, Mensos menyampaikan acara tahun ini akan berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Semua kegiatan akan mematuhi protokol kesehatan yang ketat tanpa mengurangi esensi peringatan Hari Pahlawan. (mul/ega)

 

 

Sumber  :  Detik.com