Ketua DPRD Berharap Jabatan Sekda Provinsi Jambi Diisi Orang yang Tepat

Senin, 14 September 2020 - 13:12:53


/
RADARJAMBI.CO.ID-Hasil lelang terbuka jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi tak kunjung diumumkan meski sudah hitungan bulan. 
 
Hal tersebut dikarenakan berkas tiga nama peserta dalam tahapan akhir ini masih dalam proses di Sekretariat Negara (Sekneg) untuk diajukan ke Presiden RI Joko Widodo. 
 
Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto mengatakan, berdasarkan situasi dan kondisi sekarang ini, ia berharap Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Presiden RI agar menentukan orang yang tepat untuk menjadi Sekda.
 
"Karena bagaimana target Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagus, melakukan inovasi-inovasi, terobosan-terobosan dan kedua penyerapan anggaran juga bagus, jangan sampai kita dikenal ada target silpa," tuturnya, Sabtu (12/9/2020).
 
Menurut politisi PDIP ini, apabila serapan anggaran bagus tentu akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di wilayah provinsi Jambi. Untuk itu, dikatakannya seorang Sekda butuh keberanian, terobosan dan inovasi. 
 
"Siapa yang mengatur itu, ya Sekda. Bagaimana membangun relasi, penuh ramah DPR, lembaga-lembaga vertikal Forkompinda. Tentu Sekda punya peran yang baik dalam arti harmonisasi yang baik, karena memang membangun itu tidak bisa sendiri-sendiri," sebutnya.
 
Intinya siapapun nanti Sekda yang terpilih, Edi berharap orang yang memang memenuhi kriteria. Dirinya pun tak memungkiri bahwasanya apa yang sedang berjalan sekarang ini tidak inovatif, tetapi memang faktanya seperti itu.
 
"Faktanya kemarin ya memang tidak bisa disalahkan satu dua sisi, tapi memang peran kuncinya di Sekda. Kita kan malu ditegur sama Pak Mendagri waktu rapat, Jambi nomor 3 terjelek penyerapan anggaran nya, target mengejar PAD juga kita termasuk terjelek," bebernya.
 
Artinya, jika memang berkaca dengan terjadi harusnya bisa tergugah hatinya karena serapan anggaran dan target PAD di Provinsi Jambi terendah dan terjelek yang langsung dibeberkan Mendagri RI pada waktu lalu rapat di salah satu hotel di wilayah dalam Kota Jambi. "Terendah berarti kan terjelek, kan begitu," tukas Edi. 
 
Tiga nama  yang tersisa dalam tahapan akhir lelang jabatan Sekda Provinsi Jambi yakni, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda provinsi Jambi Sudirman, yang sudah dipercaya tiga kali menjadi Penjabat (Pj) sementara Sekda. Lalu Agus Sunaryo yang merupakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda provinsi dan Sri Argunaini yang kini menjabat Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan.(*)