Pameran Kenangan Pers Jambi

Senin, 30 November 2020 - 22:18:34


AK Mahmud Tokoh Pers Jambi
AK Mahmud Tokoh Pers Jambi /

radarjambi.co.id-JAMBI. Ulang Tahun Propinsi Jambi tanggal 6 Januari 2021 yang akan diisi Pameran Lukisan di Gedung DPRD Propinsi Jambi juga diisi Pameran Kenangan Pera Jambi.

Inisitor Pameran Kenangan Pers H.Sakti Alam Watir mengatakan, awal rencana pameran kenangan bulan September 2020 tetapi karena masalah Corona tidak bisa diwujudkan.

Diharapkan bila tidak ada halangan bertepatan ulang tahun propinsi Jambi tanggal 6 Januari 2021 bisa terlaksana. "Tanggal 5 Januari 2021 diharapkan sudah dibuka secara resmi" kata Sakti AW.

Dekade tahun 1970-an Jambi ada 3 penerbitan pers yaitu Mingguan Warta Massa (pimpinan redaksi H.Marpaung), Mingguan AMPERA (Pimpinan Redaksi Murman Toha) dan Mingguan Independent (Pimpinan Redaksi AK Mahmud) masa itu perizinan berbentuk SIT (surat izin terbit) dari Menteri Penerangan.

Pada usia 28 tahun H.Syamsulwatir sebagai Pimpinan Umum Mingguan Independent dan AK Mahmud masa itu usia 25 tahun menjadi Pimpinan Redakso Mingguan Independent.

Dekade tahun 1980-an masa Menteri Penerangan Harmoko perizinan dirubah dari SIT menjadi SIUPP (surat izin usaha penerbitan pers).

Selanjutnya AK Mahmud sekarang berusia 82 tahun menjadi Ketua PWI Jambi dua periode 1978 hingga 1988 dan juga menjadi Wartawan Sinar Harapan. Sementara Syamsulwatir M mengurus Mingguan Independent dan menjadi perwakilan Kantor Berita KNI.

Sementara itu AK Mahmud ketika dihubungi mengatakan, bagus dan perlu didukung semua pihak agar terlaksana dengan baik.

Pameran ini hanya memajang kliping koran kedua tokoh pers tersebut semasa aktif menjadi wartawan. (saw)