Refresh Jabatan Eselon II, III dan IV di OPD Sarolangun Berpotensi Dilakukan 2021

Selasa, 29 Desember 2020 - 18:23:48


Kepala BKPSDM Sarolangun H A Waldi Bakri SIP, SSos MM
Kepala BKPSDM Sarolangun H A Waldi Bakri SIP, SSos MM /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Refresh jabatan eselon II, III dan IV di Organisasi Perangkat daerah (OPD) yang ada di jajaran Pemkab Sarolangun berpotensi dilakukan pada tahun 2021 mendatang.

Hal ini dikatakan Kepala BKPSDM Sarolangun, H A Waldi Bakri ketika dimintai keterangan pada Selasa (29/12), siang. Menurutnya penyegaran jabatan diutamakan dalam pengisian dan penempatan jabatan yang tengah mengalami kekosongan dan sedang dijabat oleh pelaksana tugas, misalkan adanya eselon III yang masuk pada masa pensiun, meninggal dunia dan mutasi ke luar daerah dan lainnya.

"Untuk penyegaran jabatan eselon IV juga diutamakan dalam pengisian kekosongan di kelurahan, kecamatan dan OPD lainnya, itu akan diisi,"katanya.

Dijelaskan Kepala BKPSDM, tidak menutup kemungkinan bakal ada terjadinya promosi jabatan dari eselon IV ke eselon III. Namun, terkait dengan langkah yang akan dilakukan dalam penyegaran jabatan tidaklah terburu-buru, sebaliknya menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dinilai pas.

"Kita masih menunggu hasil Pilkada, seirama dengan itu, maka kita akan melakukan pengkajian dan evaluasi bersama tim Baperjakat serta mengajukan izin ke KASN dan kementerian terkait.

Adapun salah satu tujuan dilakukan penyegaran jabatan untuk eselon III dan IV, pastinya untuk memaksimalkan jalannya roda pemerintahan dan seiring mendongkrak kinerja pemerindah daerah untuk lebih baik.

"Kita menginginkan dengan potensi dan SDM para pejabat yang dilantik nanti benar-benar sebagai motor penggerak jalannya roda pemerintahan yang baik,"ucapnya.

Lantas, disinggung dengan proses lelang yang akan dilakukan untuk eselon II, notabenenya kini tercatat 2 jabatan selevel Kadis tengah mengalami kekosongan, dipaparkan H A Waldi hal itu akan dilakukan di akhir tahun atau di P-APBD 2021.

"Untuk lelang jabatan eselon II akan direncanakan di P-APBD 2021, namun nantinya dalam penyegaran jabatan untuk eselon II bisa saja dilakukan rolling dan rotasi dalam lingkaran eselon II, atau memposisikan pelaksana tugas,"tandasnya.


PENULIS: CHARLES R
EDITOR: ANSORY S