Pemkot Jambi Masih Fokus Menangani Pandemi COVID-19 Pada 2021

Senin, 04 Januari 2021 - 19:28:28


/

RADARJAMBI.CO.ID - Wali Kota Jambi Syarif Fasha menyatakan percepatan penanganan pandemi COVID-19 masih menjadi fokus atau pekerjaan rumah yang harus dilakukan pemerintah setempat pada tahun 2021.

"Pandemi COVID-19 menjadi pekerjaan rumah kita, harapannya di tahun 2021 ini pandemi COVID-19 dapat segera teratasi," kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Senin.

Syarif Fasha meminta seluruh lapisan masyarakat di Kota Jambi khususnya untuk dapat mematuhi secara disiplin penerapan protokol kesehatan COVID-19. Terutama memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Karena dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dapat memutus mata rantai penularan COVID-19. Dan jika mata rantai penularan COVID-19 tersebut terputus maka pandemi COVID-19 kan berakhir.

Di Kota Jambi penularan COVID-19 melalui klaster keluarga masih cukup tinggi di mana anggota keluarga yang melakukan perjalanan keluar daerah kerap menularkan COVID-19 kepada anggota keluarga lainnya.

"Klaster keluarga merupakan salah satu penyumbang terbesar penularan COVID-19 di Kota Jambi, maka dari itu kami imbau dan ingatkan kepada seluruh masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan tersebut," kata Syarif Fasha.

Sementara itu, terkait dengan anggaran penanganan pandemi COVID-19, dijelaskan Syarif Fasha akan dialokasikan melalui OPD terkait.

Seperti bidang kesehatan di alokasikan oleh Dinas Kesehatan, bidang kesejahteraan sosial dialokasikan melalui Dinas Sosial.

"Dana yang digunakan untuk penanganan pandemi COVID-19 di tahun 2021 ini tidak sebesar alokasi dana di tahun 2020, maka dari itu anggarannya dikembalikan ke OPD terkait," kata Syarif Fasha.

Dan terkait dengan sarana prasarana penanganan pandemi COVID-19, Pemerintah Kota Jambi tidak mengalami kendala yang berarti. Sebab terdapat 18 rumah sakit milik pemerintah dan swasta di Kota Jambi yang siap melakukan isolasi terhadap pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Selain itu, di tahun 2021 ini Pemerintah Kota Jambi juga akan melakukan uji usap atau uji swab COVID-19 secara mandiri di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda).

Sehingga di harapkan pencegahan penularan COVID-19 didaerah itu dapat dilaksanakan dengan lebih cepat. (ria/har)