Sambut HUT Jambi, Disperindag Luncurkan e-Commerce Blanjo.co.id Untuk IKM

Rabu, 06 Januari 2021 - 16:41:55


Blanjo.co.id dilaunching oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra dan dihadiri Sekda Provinsi Jambi, Sudirman di mall WTC Kota Jambi, Rabu (6/1).
Blanjo.co.id dilaunching oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra dan dihadiri Sekda Provinsi Jambi, Sudirman di mall WTC Kota Jambi, Rabu (6/1). /

RADARJAMBI.CO.ID-Pandemi COVID-19 mengubah banyak hal dalam kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya cara dalam berbelanja. Pandemi juga memberikan dampak buruk terhadap penjualan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) hampir di seluruh sektor.

Kondisi ini membutuhkan langkah tepat dan cepat, yang tidak hanya menjawab kebutuhan konsumen dengan mudah dari rumah sehingga mengurangi risiko terpapar COVID-19, juga sekaligus membantu UKM dan IKM untuk menjangkau lebih banyak konsumen secara online.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi bekerja sama dengan Dekranasda Provinsi Jambi melakukan langkah cepat dengan meluncurkan e-commerce bernama Blanjo.co.id sebagai kanal penjualan online.

Blanjo.co.id dilaunching oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra dan dihadiri Sekda Provinsi Jambi, Sudirman di mall WTC Kota Jambi, Rabu (6/1).

Plt Kepala Dinas Perindag Provinsi Jambi, Rosnifa mengatakan e-Commerce Blanjo.co.id adalah suatu inovasi Disperindag dalam membantu IKM memasarkan produknya karena e-Commerce diyakini mampu menjangkau seluruh sendi masyarakat tidak hanya di kota Jambi tetapi juga seluruh Indonesia.

"Berbagai macam produk ditawarkan dengan harga yang bersaing. Ada 1.000 produk yang ditargetkan rilis di tahun 2021 yang secara bertahap akan ditawarkan di Blanjo.co.id," ujarnya.

Terdapat juga layanan delivery gratis untuk masyarakat Kota Jambi dan tentunya mendukung pembayaran melalui dompet digital seperti Ovo, Gopay dan Dana.

Rosnifa juga mengatakan bahwa sebagai salah satu program baru, Blanjo.co.id membutuhkan dukungan dari masyarakat luas.

"Kami mendorong konsumen untuk memberdayakan produk-produk IKM lokal, menyelamatkan perekonomian secara mandiri agar uang berputar dari kita untuk kita. Bagi yang ingin berbelanja, bisa langsung membuka Blanjo.co.id atau mengunduh aplikasinya di Play Store," jelasnya.

Sedangkan untuk UKM dan IKM yang berkeinginan bergabung ke dalam keluarga besar Blanjo.co.id bisa langsung ke blanjo.co.id/gabung. Isi semua formulir yang diminta dan admin akan menghubungi pemohon. Jika kesulitan, UKM bisa menghubungi 085664310568 untuk informasi lebih lengkap.(har)