Bupati Romi dan Wabup Temui Mahasiswa yang Demo Soal Jalan Rusak

Senin, 11 Januari 2021 - 13:25:02


Bupati Romi dan Wabup Robby menemui mahasiswa yang demo.
Bupati Romi dan Wabup Robby menemui mahasiswa yang demo. /

radarjambi.co.id-TANJABTIMUR- Bupati dan Wabup Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto dan Robby Nahliyansah langsung menyambut kedatangan pendemo di depan kantornya pagi tadi.

Begitu puluhan orang rombongan demo itu menuju lapangan kantor bupati, Romi sudah berada di depan kantor bupati bersama aparat keamanan.

Rombongan demo sempat berapi api menyampaikan aspirasinya dengan bergantian sang orator mereka.

Rombongan demo yang tergabung dari mahasiswa dan beberapa sopir truk langsung diminta duduk bersila. kondisi demopun mulai melunak.

Meski sempat terjadi ketegangan karena ada peserta yang berucap kasar, namun bisa dikondusifkan aparat keamanan. Point dari tuntutan mereka terkait kerusakan jalan.

Mereka mendesak agar bupati Tanjab Timur mengambil kebijakan terkait kerusakan jalan. Dan tidak mau tau apakah itu jalan milik provinsi atau tidak.

"Kita tidak mau tau jalan itu harus bagus biar perekonomian lancar dan jalan tidak macet," kata Muhammad Ridwan salah satu orator demo.

Setelah panjang lebar berorasi, hampir dua jam. Bupati Tanjab Timur di dampingi wakilnya dan kadis PUPR Tanjab Timur Risdiyansah, minta agar menyampaikan jawaban orasi mereka.

Romi mengatakan bahwa dalam kerusakan jalan jangan mencari yang salah. Karena baik pemprov, dan Pemkab Tanjab Timur maupun pengguna jalan yang lebihi tinase jalan, sama sama tidak mau di salahkan.

"Jadi kita mari kita berpikir sama sama untuk membangun jalan itu" kata Romi.
"Saya kira adek mahasiswa tahu tentang aturan undang undang. Sayo ilustrasikan, misalnya dana ADD dan DD tidak bisa dipake membangun jalan kabupaten. Begitu juga dana provinsi tidak bisa untuk jalan Nasional. Demikian juga halnya dana kabupaten tidak bisa dilakukan bangun jalan provinsi.

Memang niat kita baik, tapi kalau ini kita lakukan maka kami (pemkab Tanjab Timur) salah Dimata KPK dan hukum lainnya. Itulah ilustrasinya," papar Romi.

Dalam kesempatan itu Romi menjelaskan kalau 2021 nanti akan ada perbaikan jalan oleh propinsi.  Dan sudah di peta petakan daerah yang rusak itu akan di bangun rejit beton. Langsung diperlihatkan petanya sama demonstran .

Akhirnya demo berhasil memenuhi kesepakatan. Pemkab akan mengirimkan alat terus kelokasi yang rusak parah.(tam/akd)