Cucu Raden Mattaher Dijamu Bupati

Minggu, 24 Januari 2021 - 22:52:53


/

JAMBI.Hari ini Senin (25/1) Bupati Muara Jambi Hj.Masnah Busro akan menjamu Ratu Siti Aminah Ningrat yang merupakan Cucu Pahlawan Nasional Raden Mattaher.

Raden Mattaher baru saja (10 Nopember 2020) menerima Anugrah Pahlawan Nasional di Istana Negara dari Presiden Joko Widodo yang diterima Ratu Mas Siti Aminah Ningrat. Pada Ulang Tahun propinsi Jambi 6 Januari lalu juga disambut Gubernur Jambi Fahrori Umar pada saat Rapat Paripurna DPRD propinsi Jambi.

 Jamuan keluarga Raden Mattaher akan berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB dirumah dinas Bupati Muara Jambi.

Pemerhati Budaya M.Chudori mengatakan, Apa yang dilakukan Bupati Muaro Jambi Hj Masnah Busro perlu diapresiasi sebagai bentuk kepedulian dan penghargaan pemerintah daerah terhadap kepahlawanan Raden Mattaher.

"Kiranya ini perlu diikuti oleh para bupati/walikota yang lain sebagai wujud kebanggaan bersama" kata Chudori yang juga seorang wartawan senior Jambi.

Gelar pahlawan nasional bagi para pejuang kita sangatlah berarti bagi penanaman nilai kebangsaan dan kecintaan kita pada NKRI, gelar pahlawan Raden Mattaher sebagai bukti bahwa Jambi pada masa kolonial Belanda telah ikut berjuangan merebut kemerdekaan, jelas Chudori.

Jambi adalah bagian tak dapat dianggap enteng bagi daerah lain dalam memperjuangkan kemerdekaan. Generasi muda harus tahu dan mengenal pahlawan mereka.

Apa yang dilakukan Muaro Jambi adalah berhubungan erat dengan jejak perjuangan terakhir hingga Raden Mattaher wafat di Desa Muaro Jambi, jelas Chudori yang tanggal 3 Nopember 2020 sebelum pengumuman Pahlawan Nasional sudah ziara dan wawancara khusus di Makam Raden Mattaher dan Kelingking dengan Ratu Mas Siti Aminah Ningrat.

"Bahkan disana masih ada rumah terakhir dan makam kelingking Raden Mattaher yang terputus saat disergap dan dibunuh oleh Belanda" akhir Chudori. (saw)