Kapolres Muarojambi Pimpinan Patroli Pengamanan Karhutla

Minggu, 14 Februari 2021 - 07:56:25


Kapolres Muarojambi melalukan pengecekan penanggulangan Karhutla.
Kapolres Muarojambi melalukan pengecekan penanggulangan Karhutla. /

Radar Jambi.co.id-MUAROJAMBI- Muaro Jambi Polres Muaro Jambi kembali melaksanakan kegiatan Patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di areal konsesi PT. Pesona Rimba Belantara Desa Betung Kec. Kumpeh Ilir yang dipimpin oleh Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto, S.I.K., M.H. pada Sabtu 13/02/21

Kegiatan diikuti langsung Kabag Ops Polres Muaro Jambi Kompol Rinto H. Simbolon,Kasat binmas, kasat lantas, kasat intel dan Kapolsek kumpe illir, serta para personil Polsek dan Polres Muaro jambi.

"Pada hari ini kita akan melaksanakan Patroli Pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diwilayah Desa Betung Kec. Kumpeh Ilir khususnya di areal konsesi PT. Pesona Rimba Belantara Desa Betung Kec. Kumpeh Ilir," tutur Kapolres Muarojambi melalui Kasubag Humas Polres Muaro Jambi AKP Amradi.

Salah satu pemicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yakni adanya aktifitas perambahan hutan (illegal logging) dan masyarakat pencari ikan seperti merokok dan memasak sehingga sangat berpotensi menimbulkan titik api dan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Apabila kita menemukan adanya aktifitas perambahan hutan (illegal logging), kita harus memperkirakan situasi yang ada dilapangan.Kita ketahui para pelaku perambahan hutan (illegal logging) menyimpan senjata api rakitan (kecepek) dan senjata tajam dengan alasan untuk melindungi diri dari binatang buas.Tentunya hal tersebut dapat membahayakan kita, lebih baik kita berikan himbauan kepada pelaku perambahan hutan (illegal logging) untuk meninggalkan tempat, " kata Kasubag Humas AKP Amradi.

Selanjutnya sekira pukul 12.00 Wib tiba di Km.23 areal konsesi ex. HPH PT. Pesona Rimba Belantara Desa Betung Kec. Kumpeh Ilir.

Tim melakukan pemasangan spanduk Himbauan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di 9 (sembilan) titik.

Dan sebanyak 2 (dua) spanduk di lokasi Km.23 lokasi konsesi ex. HPH PT. Pesona Rimba Belantara

Ditelusuri sepanjang kanal berhasil menemukan tumpukan kayu campuran di Km.23 lokasi konsesi ex. HPH PT. Pesona Rimba Belantara sebanyak ± 15 (lima belas) kubik jenisnya meranti dan punak .dan selanjut BB tersebut dibawa ke polsek kumpe Ulu.

"Tim juga melakukan pemadaman terhadap titik api dilokasi Km.25 lokasi konsesi ex. HPH PT. Pesona Rimba Belantara, api berhasil dipadamkan dan diduga api berasal dari masyarakat yang beraktifitas mencari ikan dilokasi tersebut," Tukas AKP Amradi.(akd)