Bisnis di Masa Pandemi, Mahasiswa ini Memperoleh Keuntungan Ratusan Hingga Jutaan Rupiah

Minggu, 21 Februari 2021 - 19:33:50


Hibah Hidayah
Hibah Hidayah /

radarjambi.co.id-Pandemi Covid-19 tidak hanya memberikan dampak terhadap kesehatan saja akan tetapi berdampak pada sektor perekonomian. Akibat Covid-19 menteri kemendikbud memberikan kebijakan kuliah secara daring.

Ketika kuliah secara daring mahasiswa memiliki banyak waktu luang. Waktu luang inilah dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk berwirausaha demi menambah pemasukan di tengah situasi pandemi Covid-19, seperti usaha jasa tata rias.

Usaha ini sangat cocok untuk pengangguran khususnya kaum perempuan dan ibu-ibu yang memiliki kemampuan merias.

Bisnis tata rias pengantin ini termasuk bisnis jasa yang tidak akan pernah mati. Sebab, semua orang akan melangsungkan pernikahan dan membutuhkan jasa dari seorang perias pengantin.

Jasa tata rias ini tidak hanya dibutuhkan saat pernikahan saja tetapi juga untuk kegiatan yang sifatnya khusus seperti menghadiri undangan, wisuda, pesta dan sebagainya yang tidak dapat dilakukan sendiri.

Pasalnya riasan wajah untuk moment-moment tersebut sama sekali berbeda dengan riasan harian, perlu adanya tampilan yang lebih mewah dan spesial sehingga bisa tampil dengan maksimal di suatu acara.

Untuk tampil cantik dengan menggunakan kosmetik sudah menjadi kebutuhan untuk kaum hawa, dengan mengenakannya setiap wanita yang tabiatnya ingin selalu tampil menawan bisa terpenuhi, maka tidak heran merias wajah akan menjadi kegiatan wajib yang harus dilakukan dalam setiap kegiatan.

Riliyanda mahasiswi Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi, menggeluti keterampilan di bidang tata rias, ia telah lihai merias saat acara pernikahan maupun acara formal lainnya.

Banyak pelanggan yang merasa sangat puas dengan hasil riasannya, karena memang Rili sangat berkompetensi dalam hal merias. Dia mulai tertarik untuk terjun ke dunia tata rias sejak masuk kuliah sampai saat ini.

Di masa pandemi inilah ia memiliki banyak waktu luang sehingga bisa membagi waktunya untuk bekerja dan kuliah secara daring.

"Saya mulai tertarik untuk terjun ke dunia make up sejak masuk kuliah sampai sekarang dan kebetulan karena kuliah online saya bisa sambil kerja"

Usia Rili yang dibilang masih sangat muda yakni 20 tahun, sudah memiliki penghasilan sendiri dan itu tidak sedikit, ia memperoleh keuntungan ratusan hingga jutaan rupiah.

Memang benar bahwa skill itu mahal. Tidak semua orang memiliki keahlian dalam tata rias. "Kalau penghasilan itu tergantung untuk acara apa, biasanya kisaran 100 ribu sampai 2 juta"

Nah, dari mahasiswi ini kita dapat belajar bahwa manfaatkan lah waktu luang sebaik mungkin, misalnya bisa digunakan untuk berwirausaha, karena mahasiswa itu tidak hanya di tuntut untuk memperoleh nilai bagus saja akan tetapi juga harus berjiwa enterpreneurship. (***)

 

 

Penulis :  Hibah Hidayah (Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi)