Zoom Meeting Penyelamat Produktivitas di Masa Pandemi COVID-19

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:42:44


Malvin Ardiansyah Arbi
Malvin Ardiansyah Arbi /

Radarjambi.co.id-Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini mengguncang dunia pendidikan terutama di tanah air, banyak sekali sekolah dan perguruan tinggi yang harus merasakan dampak dari situasi sekarang ini.

Pembelajaran pun dialihkan menjadi online yang mengaharuskan peserta didik melaksanakan pembelajaran dirumah. Tetapi saat ini bukan hanya pendidikan saja yang merasakan dampaknya tetapi dunia pekerjaan pun ikut terkena.

Beruntung kita berada di era teknologi informasi yang bisa dibilang sudah jauh berkembang dari sebelumnya, hal ini memungkinkan kita untuk tetap melanjutkan aktivitas belajar dan bekerja dirumah masing-masing tanpa harus melakukan tatap muka seperti biasanya.

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk melanjutikan aktivitas pendidikan maupun pekerjaan salah satu contohnya yang banyak sekali dipakai oleh banyak orang yaitu Zoom Meeting.

Zoom Meeting merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video, menyediakan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya dalam melakukan pertemuan.

Hal inilah yang menyebabkan melonjaknya pengguna Zoom Meeting dikalangan masyarakat. Mereka menggunakan aplikasi ini untuk memenuhi berbagai aktivitas yang sebelumnya mereka lakukan.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, namun mempunyai batas waktu 40 menit dan jumlah partisipan satu sesinya 100 orang. Ada juga beberapa fitur berbayar yang disajikan oleh Zoom Meeting itu sendiri.

Zoom Meeting juga mempunyai kemampuan share screen yang dimana berfungsi memperlihatkan berbagai foto atau video ke peserta yang hadir didalam Zoom Meeting tersebut, hal ini tentunya memudahkan seseorang dalam menjelaskan dan memaparkan sesuatu agar dapat disampaikan dengan jelas.

Kondisi sekarang bukan saat nya kita untuk putus asa dan mengeluh tentang apa yang terjadi,, tetapi saat inilah kita harus lebih meningkatkan kreativitas dan semangat kita untuk lebih meningkatkan produktivitas walaupun beberapa kegiatan terkendala oleh pandemi.

Oleh sebab itu di zaman sekarang dimana teknologi sudah maju yang mengharuskan kita lebih bisa memanfaatkan hal tersebut dengan sebaik-baiknya, banyak sekali manfaat dari teknologi jika kita menggunakannya kearah yang positif.

Dengan demikian kita tidak perlu ambil pusing memikirkan bagaimana melanjutkan produktivitas di situasi sekarang ini, kita hanya perlu memanfaatkan teknologi yang sudah jauh berkembang dan tinggal bagaimana cara kita untuk memulai dan menyesuaikan diri dengan hal tersebut. (***)

 

Penulis  : Malvin Ardiansyah Arbi 

(Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jambi)