Siapkan Bibit Sawit Murah untuk Petani

Kamis, 04 Maret 2021 - 13:02:48


/

RADARJAMBI.CO.ID-Untuk membantu masyarkat, Dinas Perkebunan Provinsi Jambi membrikan bibit sawit unggulan kepada masyarakat. Bibit sawit berkualits untuk para patani di Provinsi Jambi tersebut dijual seharga Rp20 ribu perbatang. Ini membantu masyarakat agar tak mendapatkan bibit sawit yang kurang bagus. 

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Agusrizal mengatakan, bibit sawit tersebut dujual kepada siapa saja, namun dengan syarat ada KTP dan sertifikat tanah serta tidak untuk dijual kembali. “Nanti kami akan cek lokasinya, kalau masuk kawasan hutan tidak kita jual ke sana,” kata dia.

Lanjutnya, diperkirakan bibit tersebut siap tanam pada Agustus mendatang. Maksimal per KK hanya bisa membeli sebanyak 500 batang.  Selain itu, bibit yang dijual tersebut juga sudah bersertifikat. Harganya pun lebih murah, jika dibanding dengan bibit berseritifkat yang dijual di pasaran.

“Kalau yang dijual di luar itu harganya bisa mencapai Rp 40- 60 ribu perbatang, tapi setelah mereka beli dari kami, kita akan terus tinjau, jangan sampai ini dijual lagi,” tambahnya.

Agus menyebutkan, para petani sebaiknya menanan sawit menggunakan bibit yang sudah bersertifikat dan terjamin kualitasnya supaya hasilnya lebih memuaskan.  “Banyak petani khususnya di Tajab Barat itu mereka menanam sawit pakai bibit sembarangan. Hanya mengambil kacamba yang jatuh dibawah pohon. Bagaimana hasilnya mau bagus hasilnya,” ujarnya.

Menurutnya, bibit sawit yang bagus adalah yang dikawinkan antara bibit jantan dengan betina. Lalu diserbukarikan dan dibungkus untuk menjadi kecamba. “Bukan mengambil biji yang jatuh,” singkatnya.

Kata dia, tanaman sawit yang menggunakan bibit sembarangan tetap berbuah namun hasilnya tidak bagus atau menjadi durah. Minyaknya yang cenderung sedikit dan cangkangnya besar. “Itu tidak diinginkan perusahaan,” tandansya. (HAR)