Pelantikan Pengurus Karang Taruna Sungai Abang Berlangsung Meriah

Senin, 08 Maret 2021 - 09:07:03


Karang Taruna Tunas Muda Sungai Abang, Sarolangun
Karang Taruna Tunas Muda Sungai Abang, Sarolangun /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Damainya suasana malam yang diwarnai dengan keindahan cahaya lampu penerang, seketika dibawah tenda dengan jejeran kursi yang diduduki para tamu undangan, pada akhirnya nuansa berubah menjadi riang dan menggembirakan.

Sorotan pandangan mata terarah keatas bagian depan panggung, terlihat bentangan spanduk bertuliskan pelantikan pengurus Karang Taruna Tunas Muda, Desa Sungai Abang masa bhakti 2021-2025.

Prosesi acara serimonial dihelat secara terbuka yang dibungkus dengan format agamis, beradat, seni dan budaya mengangkatkan tema, kita wujudkan pemuda yang Handal, Berdaya Saing dan Agamis (HBA) dengan bersinergi dan maju bersama antar sesama.

Prosesi pelantikan Rendi Hermansyah S ST sebagai Ketua Karang Taruna Tunas Muda bersama pengurus lainnya pada Minggu malam (07/03) sekitar pukul 21.00 WIB berlangsung cukup meriah dan menakjubkan.

Dibalik ini, para panitia pelaksana menyiapkan jamuan makan malam untuk tamu undangan yang dipusatkan di kediaman PJ Kades. Makan malam ini menonjolkan budaya khas Sungai Abang, yakni makan menggunakan talam.

Menariknya lagi, disela acara pelantikan pengurus Karang Taruna juga bersamaan memberikan santunan untuk anak yatim dan Lansia, serta penyuguhan fhoto dan video melalui layar infocus atas kegiatan Karang Taruna Tunas Muda. 

Sebagai bentuk kematangan persiapan pelantikan, kesuksesan acara dibarengi oleh kerja keras ketua panitia pelaksana Heri Setiawan dan kawan-kawan. Kelancaran acara pelantikan juga tak lepas dari duet Rafsan dan Rani yang berperan sebagai pemandu acara.

Pembuka acara diawali dengan pembacaan alfitihah oleh Imam Masjid Al Hidayah, Sungai Abang, Junaidi MPd.

Kemudian dilanjutkan tarian beras kunyit oleh tim Sanggar Sungai Abang. Ketika riuh dan tepuk tangan menyela seketika itu, para penari juga bersamaan mengalungkan bunga pada Camat Sarolangun, Huzairin.

Tak tanggung-tanggung, prosesi acara pelantikan pengurus Karang Taruna Tunas Muda juga dihadiri, Kadis Sosial H Juddin, Kadisparpora M Idrus, Ketua Karang Taruna Kabupaten Sarolangun Yunipan Pernando, para Ketua Karang Taruna se Kampung Empat, BPD, perangkat desa, pemuka masyarakat dan lainnya.

Sebagai pengisi acara bersamaan mendengarkan sambutan singkat dari Kades Sungai Abang Jamhuri SIP, Camat Sarolangun Huzairin, Ketua Karang Taruna Kabupaten Sarolangun Yunipan Pernando, Kadis Sosial H Juddin, pembacaan naskah SK pelantikan oleh Yah Panel, Ketua Karang Tunas Muda Rendi Hermansyah dan Ketua Panpel Heri Setiawan.

Pasca dilantik, Rendi Hermansyah S ST mengatakan, dalam menjalankan fungsi di tengah masyarakat, ia berharap dukungan pihak terkait untuk saling bersinergi bersama.

"Harapan kami juga menjadi harapan kita bersama dan tujuan kami bisa menjadi tujuan kita bersama, yakni rindu akan kemajuan pemuda,"kata Bung Rendi.

Dijelaskan sang pengusaha muda yang dikenal Sarolangun Ada Oleh-Oleh menuturkan, jika motto ditonjolkan Karang Taruna Tunas Muda, yakni maju bersama, maju pemuda dan maju desa.

"Visi kami adalah menuju pemuda yang Handal Berdaya Saing dan Agamis (HBA). Semoga visi ini bisa bersentuhan dan bermanfaat secara langsung untuk masyarakat,"ucapnya.

Tema yang diangkat, kata Rendi yaitu dengan bersinergi maju bersama. Artinya, ingin langkah dan tujuan untuk bisa dicapai bersama, tentu disinkronisasikan dengan sinergitas.

"Kami sadar sebagai manusia biasa, sebagai makhluk sosial tentu saja saling membutuhkan. Ini adalah langkah awal kami. Maaf atas keterbatasan dan kekurangan kami, untuk itu mohon bimbingan dari semua pihak kepada kami,"tuntasnya.

Seusai acara pelantikan, para panitia berphoto bersama dan sekilas melantunkan tembang nostalgia lewat Nahdia Music, Sungai Abang.


PENULIS: CHARLES R
EDITOR; ANSORY S