Antisipasi Karhutla, TNI Polri Warga Desa Bunga Tanjung Buat Embung Sederhana

Senin, 15 Maret 2021 - 21:51:37


Pembuatan embung sederhana antisipasi Karhutla.
Pembuatan embung sederhana antisipasi Karhutla. /

RADARJAMBI.CO.ID, TANJABBAR - Gabungan TNI Polri yang dipimpin langsung Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto dan Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro selaku Satgas Karhutla Kabupaten Tanjab Barat bersama beberapa personil dan Warga Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat melakukan aktivitas pembuatan embung.

Hal ini di lakukan sebagai upaya dan untuk mengantisipasi terkait dengan penyediaan air menghadapi musim kemarau tahun ini.

Dandim 0419/ Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, menyebutkan bahwa TNI Polri hadir untuk masyarakat dalam upaya pencegahan Karhutla.

Harapan disampaikan oleh Dandim bahwa upaya ini dapat menjadi contoh untuk desa lain, bergerak dengan mandiri untuk bersama membangun embung di sekitar lokasi rawan Karthutla.

“Kita berharap ini menjadi contoh bagi masyarakat lain. Membuat embung sederhana dengan bersama gotong royong untuk persiapan kita saat musim kemarau panjang sebagai suplai air,” sebut Dandim.

“Kita juga secara masif akan arahkan pihak desa untuk bergotong royon bersama membuat embung sederhana ini. Kita juga himbau masyarakat untuk tidak membakar lahan dalam tujuan apapun,” tegas Letkol Erwan.

Sementara Kapolres Tanjabbar, AKBP Guntur juga mengatakan bahwa pembuatan embung skala kecil ini untuk mengantisipasi suplai air di sekitar lahan.

“Karena desa ini juga masuk dalam kriteria yang rawan karena gambut, dan di sini juga sempat terjadi kebakaran, dan ini kita bersama dengan masyarakat buat embung dengan skala kecil,” kata Kapolres.

Dijelaskan Kapolres, Pelaksanaan ini di dukung oleh masyarakat sekitar lahan yang juga peduli terhadap pencegahan karhutla di wilayahnya. Adapun embung yang di bangun dengan panjang sekitar 10 meter, lebar 5 meter dan kedalaman sekitar 3 meter.

“Kita berharap ini hanya kita persiapkan, mudah-mudah di sini tidak terjadi kebakaran. Ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat menjadi tanggung jawab bersama ini perlu dibangun dan di kawal,” tandasnya. (ken/akd)