Fachrori Gandeng Baznas dan Bank Jambi Tingkatkan Pembangunan Pendidikan

Senin, 18 Januari 2021 - 21:54:56


/

RADARJAMBI.CO.ID-Gubernur Jambi H.Fachrori Umar  menggandeng Baznas Provinsi Jambi dan Bank Jambi untuk meningkatkan pembangunan pendidikan di Provinsi Jambi. Bersama perwakilan pimpinan dari Baznas Provinsi Jambi dan Bank Jambi, Gubernur Jambi memberikan bantuan dana pendidikan dari Baznas Provinsi Jambi dan Bank Jambi kepada perwakilan penerima bantuan pendidikan dari sekolah umum dan dari pondok pesantren, yang disaksikan oleh Pemerintah Kabupaten Batang Hari dan Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Senin (18/1/2021).

Fachrori mengatakan, bantuan pendidikan  yang diberikan oleh Baznas Provinsi Jambi dan Bank Jambi merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Provinsi Jambi, dimana peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan keharusan.

Fachrori menegaskan bahwa peningkatan daya saing pendidikan harus diperkuat sebagai investasi jangka panjang, termasuk perluasan akses pendidikan melalui beasiswa dan bantuan dana pendidikan, seperti yang dilaksanakan sekarang ini.

Menurut Fachrori, ketersediaan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing menjadi modal penting dalam pembangunan, yang diantaranya diwujudkan melalui pendidikan.

Dalam penyerahan bantuan dana pendidikan di Kabupaten Batang Hari, dilaksanakan pemberian dana bantuan dana Pendidikan Baznas dan CSR Bank Jambi kepada Pondok Pesantren Zulhijah Batang Hari senilai Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah), yang diserahkan oleh Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar didampingi oleh Kepala Baznas Provinsi Jambi dan pimpinan Bank Jambi. Demikian juga dalam penyerahan bantuan dana pendidikan di Kabupaten Sarolangun, Gubernur Jambi didampingi Kepala Baznas Provinsi Jambi dan pimpinan Bank Jambi juga memberikan bantuan kepada penerima bantuan pendidikan.

Sehubungan dengan akan berakhirnya masa jabatan Fachrori Umar sebagai Gubernur Jambi sisa masa jabatan 2016 – 2021 pada 12 Februari 2021, Fachrori mohon maaf jika dalam melaksanakan amanah terdapat kekeliruan dan kesalahan, sekaligus pamit, serta berharap agar program pembangunan yang telah dilaksanakan membawa kemanfaatan bagi Provinsi Jambi

Bupati Batang Hari, H.Syahirsah menyampaikan, potensi zakat di Kabupaten Batang Hari besar, dan sudah semakin banyak masyarakat yang menyalurkan zakat, dan dana zakat itu bermanfaat mengurangi kemiskinan masyarakat.

Syahirsah mengapresiasi upaya Gubernur Jambi dan Baznas Provinsi Jambi, yang mengajak masyarakat untuk menunaikan zakat, guna mengurangi kemiskinan masyarakat di daerah.

Bupati Sarolangun, H Cek Endra mengatakan, ini untuk pertama kalinya Sarolangun dapat bantuan dari Baznas Provinsi Jambi, dan dana ini bukan bantuan konsumtif, tetapi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Cek Endra mengungkapkan, Kabupaten Sarolangun juga sangat aktif dalam pengumpulan dana zakat, dan dirinya pernah menjadi ketua Baznas Sarolangun pada tahun 2008. “Dana Baznas di Sarplangun terus meningkat, terakhir Rp6,7 miliar hanya dari PNS (sekitar 60% PNS Kabupaten Sarolangun), biasanya dibagikan pada saat Bulan Ramadhan pada saat Safari Ramadhan.

Cek Endraa berharap dana Baznas yang terkumpul bisa bertambah sehingga semakin banyak bantuan yang diberikan kepada masyarakat.

Selain itu, Cek Endra juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Jambi yang  memberikan bantuan kepada Kabupaten Sarolangun. Ia yakin bantuan tersebut sangat berguna bagi masyarakat. (HAR)