RKPD Sarolangun 2022 Rangkum 500 Item Usulan, H Lukman: Terintegrasi dengan SIPD

Minggu, 04 April 2021 - 21:10:40


Kepala Bappeda H Lukman MPd
Kepala Bappeda H Lukman MPd /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Sarolangun tahun 2022 merangkum 500 item usulan dari Musrenbang Kecamatan yang disinkronisasikan dengan hasil forum konsultasi publik dan forum gabungan OPD, kemudian sudah dilakukan proses verifikasi oleh masing-masing OPD.

Sebanyak 500 item usulan yang terangkum dalam RKPD tersebut juga termasuk hasil Pokok pikiran (Pokir) DPRD Sarolangun atas Reses yang sudah dilaksanakan pada masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil).

Hal ini dikatakan Kepala Bappeda Sarolangun, H Lukman MPd ketika dibincangi di gedung DPRD Sarolangun belum lama ini.

Menurut H Lukman, rangkuman RKPD dilakukan sesuai dengan tahapan proses yang prosedural yang mengacu pada aturan dan mekanisme. Kesemuanya sudah dinput dengan menerapkan Sistem Informasi Pemerintah daerah (SIPD).

"RKPD tahun 2022 diintegrasikan dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Sarolangun, aplikasi ini terpantau di Kemendagri,"katanya.

Dari tahapan proses yang sudah dijalankan pada Musrenbang pada tingkat Kecamatan, Bappeda merangkum 929 item usulan kegiatan ditambah dengan Pokir dewan dan hasil forum konsultasi publik serta forum gabungan OPD, maka jumlah usulan berkisar diangka seribu lebih.

"Mengingat keterbatasan anggaran, maka tak semua usulan masuk di RKPD, dalam hal ini sudah dilakukan verifikasi, dimana disesuaikan dengan program prioritas Pemkab Sarolangun 2022 dan diselaraskan dengan RPJMD Sarolangun dalam rangka penuntasan visi dan misi kepala daerah 2017-2022 ,"sebutnya.

RKPD yang sudah disepakati, maka kedepan akan dirancang menjadi Rancangan Kebijakan Umum Aanggran (RKUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Saralangun 2022.

"Dokumen RKUA dan PPAS akan diserahkan ke DPRD Sarolangun untuk dibahas dan disahkan menjadi APBD Sarolangun tahun 2022 sesuia dengan ketentuan dan aturan yang berlaku,"tandasnya. (ciz)


PENULIS: CHARLES R
EDITOR: ANSORY S