Siap-siap Seleksi CPNS Pemprov Jambi Diperkirakan akan Digelar Akhir Mei 2021

Selasa, 11 Mei 2021 - 10:49:21


Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Hambali
Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Hambali /

RADARJAMBI.CO.ID– Para pencari kerja boleh mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi CaloN Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemprov Jambi. Pasalnya, seleksi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) akan digelar pada akhir Mei mendatang. Ini sesuai dengan intruksi dari pemerintah pusat.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Hambali mengatakan saat ini Pemprov Jambi belum menerima informasi secara resmi. Namun, pihaknya telah mengetahui informasi tersebut secara lisan dari Kementerian saat rapat virtual beberapa hari lalu.

“Baru secara lisan kita dikasih tahunya, kalau secara resminya belum ada,” kata dia, Senin (10/5/2021).

Lanjutnya, dari informsi secara lisan yang disampaikan, pelaksanaannya akan dilakukan pada akhir Mei mendatang, namun Pemprov Jambi akan masih menunggu arahan dari Kementerian terkait mekanisme pelaksanaanya. Jika nantinya telah disebarkan, maka bisa langsung dilaksanakan dengan baik.

Dia menyebutkan untuk formasi P3k di Pemprov Jambi yang disepakati oleh Kementerian yakni 175 formasi dari 201 formasi yang diusulkan. Kemudian, untuk CPNS ada 179 formasi dari 194 formasi yang diusulkan. “Barangkali nanti setelah lebaran akan disampaikan ke setiap daerah, karena ini dari hasil rapat secara virtual lalu,” sebutnya.

Sebelumnya, 2019 lalu Pemprov Jambi tidak melakukan penerimaan CPNS, karena terlambat dalam mengusulkan formasi ke BKN. Sebelumnya, Pemprov Jambi telah mengusulkan 600 formasi, di mana ada formasi CPNS dan khusus PPPK 260-an formasi.

Setelah adanya ketentuan formasi, baru akan diketahui jadwal penerimaan. Nantinya juga akan diterangkan pada daerah petunjuk teknis penerimaan PPPK.


“Seperti bagaimana pelaksanaan tes, apa umur 35 terlebih dulu atau masa kerja diutamakan. Mudah-mudahan kita bisa lewati evaluasi pusat karena sudah sesuai dengan jumlah pensiun kita di angka 300-an pegawai per tahun,” tandasnya.(har)