Anwar Sadat Resmikan Ambulance Air, Cek No Kontak Daruratnya Disini...

Selasa, 15 Juni 2021 - 19:56:31


Ambulance Air
Ambulance Air /

Radarjambi.co.id-TANJABBARAT-Bupati Tanjab Barat, Drs H Anwar Sadat, M.Ag menghadiri sekaligus meresmikan Ambulance Air wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang Bertempatan di pelabuhan LASD Kualatungkal, , Selasa (15/6).

Turut hadir Dandim 0419/Tanjab, Unsur Forkopimda, Kepala OPD, Sekda, Camat, Dishub, Satpol PP, beserta tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjab Barat, dr.Hj. Andi Pada,M.Kes dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sebagaimana tindak lanjut arahan Bupati terhadap program prioritas dan hal-hal yang perlu disiapkan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pelayanan kesehatan dan ini salah satunya adalah ambulan air dan call center.

Dijelaskannya Kabupaten Tanjung Jabung Barat terdiri dari 16 Puskesmas dan di antara 16 Puskesmas ini ada beberapa Puskesmas yang belum mendapatkan pelayanan yang harus segera ditangani.

"Keberadaan ambulance Air ini, diharapkan akan bisa membantu masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan terutama untuk kasus-kasus yang perlu dirujuk ke rumah sakit," ucap Kadinkes.

Ambulance Air ini, dikatakannya akan diletakkan di pelabuhan LASDP Kualatungkal untuk melayani via on call bagi masyarakat yang membutuhkan seperti masyarakat yang tinggal di daerah perairan, perbatasan, kepulauan yang biasa mengalami kesulitan untuk mengakses pelayanan kesehatan.

Sementar sambutan Bupati, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag mengatakan Kesehatan merupakan salah satu indikator pembangunan manusia dan perekonomian bangsa.

"Salah satu tujuan yang ingin diwujudkan pada pembangunan yang berkelanjutan (SDGs) yakni Universal Health Coverage (UHC)," sebutnya.

UHC merupakan suatu keadaan dimana setiap orang dapat menerima kebutuhan dasarnya berupa layanan kesehatan mulai dari upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif .

Pelayanan kesehatan diselenggarakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat yang tinggal di daerah terpencil ,perbatasan dan kepulauan yang pada umumnya mengalami kesulitan untuk mengakses layanan kesehatan .

"Ambulance Air ini akan dioperasionalkan untuk melayani pasien yang akan dirujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan rujukan yaitu rumah sakit.

Kita berharap ambulance Air ini dapat dipergunakan dan dirawat sebaik mungkin guna menunjang fasilitas dan layanan kesehatan masyarakat," harap Anwar Sadat.

"Semoga kita semua dapat berperan dalam membangun masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat Menuju Tanjung Jabung Barat Berkah (yang berkualitas, ekonomi maju, religius, kompetitif, aman dan harmonis)," pungkasnya.

Terdapat 3 Nomor telepon ambulance air Kabupaten Tanjabbar yang dapat dihubungi yaitu:

- 085210511119
- 085266602716
- 085266602717

(ken/akd)