Pembelajaran Secara Daring kurang Efektif

Minggu, 11 Juli 2021 - 21:26:54


Wahyu Riyansah
Wahyu Riyansah /

Radarjambi.co.id-Munculnya Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 bermula dari kota Wuhan pada akhir tahun 2019 dan kemudian menjalar ke beberapa negara di dunia salah satunya adalah Indonesia. Sampai saat ini virus tersebut masih belum hilang.

Salah satu dampak pandemi Covid-19 bagi dunia pendidikan adalah terhambatnya proses kegiatan belajar-mengajar semua institusi pendidikan khususnya pendidikan tinggi harus melaksanakan pembelajaran secara dalam jaringan (daring/online).

Namun infrastruktur untuk mendukung pembelajaran secara daring, belum tersedia secara memadai dan merata.

Berdasarkan hasil survei tentang evaluasi pembelajaran jarak jauh yang dilakukan oleh Ditjen Dikti Kemendikbud, 90 persen mahasiswa lebih memilih kuliah luring (luar jaringan) atau tatap muka di kelas dibandingkan dengan kuliah dalam jaringan (daring)atau kuliah online.

Hal tersebut disebabkan karena mahasiswa tidak siap dalam melaksanakan kuliah daring, salah satunya yang paling umum adalah kendala jaringan.

Pembelajaran daring memang kurang efektif dilakukan karena sebagian besar menimbulkan masalah baik dari sisi peserta didik, pendidik maupun institusi pendidikan.

Banyak faktor yang menyebabkan pembelajaran daring kurang efektif.Yang pertama adalah infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang belum siap mendukung pembelajaran jarak jauh.

Contoh kecilnya hal ini disebabkan di Indonesia fasilitas internet belum mencakup semua wilayah di Indonesia khususnya wilayah terpencil.

Yang kedua, transfer pengetahuan yang dilakukan dalam proses belajar-mengajar oleh pendidik (dosen/guru) kepada peserta didik (mahasiswa/siswa) yang dilakukan secara daring tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Misalnya peserta didik hanya melakukan presensi kehadiran saja tanpa melakukan interaksi kepada pendidik. Ada juga pendidik yang menyampaikan materi pembelajaran hanya berupa bahan ajar dalam bentuk dokumen tanpa adanya penjelasan secara dalam.

Yang ketiga adalah dengan pembelajaran daring berdampak kurangnya pengawasan terhadap peserta didik dikarenakan tidak ada interaksi secara langsung.

Yang keempat adalah pembiayaan pembelajaran yang membutuhkan biaya yang cukup untuk melaksanakan proses belajar-mengajar seperti biaya pembelian kuota internet dan pembelian perangkat komputer/laptop.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terkait pembelajaran daring selain keempat faktor tersebut, masih ada beberapa faktor lainnya yang melibatkan pembelajaran daring dianggap kurang efektif.

Meskipun demikian, pembelajaran secara daring tidak semua menimbulkan efek negatif dalam proses belajar-mengajar, namun salah satu tujuan utama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh saat ini adalah untuk menekan bahkan memutus rantai penularan Covid-19.

Pembelajaran daring dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien tentu saja dibutuhkan dukungan penuh dari pemerintah dan institusi pendidikan.

 

 

 Penulis ; Wahyu Riyansah Mahasiswa Program Studi Pendidikan

               Bahasa Inggris UAD