Menikmati Waktu Luang Saat Pandemi

Senin, 12 Juli 2021 - 20:15:09


Destiya Anggoro Putri
Destiya Anggoro Putri /

Radarjambi.co.id-“Bosen di rumah terus dan melakukan kegiatan yang sama setiap harinya?”

Apakah kamu lebih banyak menggunakan waktu mu untuk rebahan dan bermalas-malasan daripada melakukan hal-hal yang produktif selama masa pandemi ini? Yuk bangkit dan lakukan kegiatan yang lebih produktif dan positif lagi yuk.

Pada masa pandemi COVID-19 ini tentunya setiap orang mengalami perubahan untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari. Seperti hal nya yang dilakukan oleh para mahasiswa.

Yang awalnya melakukan kegiatan perkuliahan di kampus menjadi melakukan seluruh kegiatan perkuliahannya secara daring online di rumah masing-masing. Yang tadinya setiap liburan bisa berkumpul bersama teman-teman menjadi tidak bisa pergi kemana-mana.

Seiring dengan pandemi COVID-19 yang terus berlangsung, banyak waktu luang yang terbuang secara sia-sia oleh banyak orang.

Kebanyakan dari mereka tidak tahu harus bagaimana untuk mengisi waktu luang mereka untuk melakukan kegiatan apa selama pandemi ini.

Seperti yang diketahui bahwa pandemi ini memang sudah merenggut kebebasan banyak orang untuk bepergian keluar rumah. Banyaknya waktu luang di rumah membuat banyak orang jenuh dan cenderung menjalani hari dengan rebahan.

Padahal banyak loh kegiatan produktif yang bisa kita lakukan di rumah saja selama masa pandemi ini. Dan pastinya tidak kalah seru dan menyenangkan serta berfaedah untuk dilakukan. Apa saja sih? Yuk simak 7 aktivitas berikut ini!

Membaca Buku

Untuk kalian yang gemar membaca buku, hal ini cocok sekali dilakukan saat kita sedang stay at home. Kalian bisa membaca buku-buku yang ada di rak buku yang belum sempat untuk dibaca selama ini. 

Sedangkan untuk yang tidak biasa membaca, dengan melakukan hal ini akan menjadi suatu tantangan tersendiri untuk mencoba membaca beberapa buku. 

Membaca buku juga sangat bermafaat seperti dapat memperluas wawasan pengetahuan ilmu, memperbanyak kosa kata, dan dapat digunakan untuk melatih konsentrasi otak kita.

Mempelajari dan Mencoba Hal Baru

Ada banyak hal yang bisa kita dalami dan coba pelajari selama masa pandemi ini. Seperti melakukan hal-hal yang belum pernah kita coba sebelumnya.

Misalnya mempelajari beberapa bahasa asing, belajar alat musik, mempelajari cara investasi, menjahit, belajar tentang menanam tanaman hidoponik, mengedit video dan kegiatan lainnya.

Belajar Memasak

Kita bisa memanfaatkan waktu luang kita dengan mempelajari dan mencoba beberapa resep makanan dan minuman yang belum pernah kita buat.

Banyak sekali sumber resep-resep mudah yang bisa kita dapatkan untuk dicoba praktikkan berkreasi dalam hal memasak di rumah. Kita dapat mempelajari resep-resep itu dengan cara meliha video yang ada di Youtube.

Selain dapat meningkatkan skill dalam memasak, hal ini dapat dijadikan senagai sumber peluang untuk mendapatkan uang. Misal dengan kita bisa memasak sesuatu yang menarik dan enak lalu kita bisa menjadikannya sebagai ide bisnis.

Dengan melakukan promosi dan menjual masakan itu kepada beberapa orang baik secara online maupun offline dengan menjualnya di outlet sendiri.

Seminar Online

Selama masa pandemi ini, banyak sekali seminar online yang diselenggarakan. Tidak sedikit pula yang diadakan secara gratis untuk mengikutinya.

Alangkah lebih baiknya jika kita memanfaatkan hal ini dan ikut bergabung di beberapa seminar itu.

Kita hanya perlu duduk manis di rumah dengan menggunakan gadget saja namun kegiatan ini sangat bermafaat.

Karena dapat menambah pengetahuan dan beberapa seminar juga menyediakan sertifikat bermanfaat yang bisa kita dapatkan dan tambahkan untuk kebutuhan di masa yang akan datang.

Olahraga

Jika anda sebelumnya adalah orang yang jarang berolahraga karena sibuk dengan pekerjaan sehari-hari, maka dengan saat melakukan stay at home ini kalian bisa memanfaatkan waktu ini untuk berolahraga.

Olahraga dapat memicu munculnya hormon dopamin, endorphin, oksitosin, dan serotonin yang dapat membuat kita menjadi lebih sehat dan bugar.

Sehingga dapat membuat kita menjadi lebih bahagia.

Selain itu, dengan berolahraga dan menjaga pola makan serta beristirahat yang cukup dapat menambah sistem kekebalan tubuh kita agar tidak terkena virus COVID-19 ini.

Mendekor ulang Kamar Tidur Kita

Pada masa pandemi ini kita selalu berada dan beraktivitas dirumah saja dan lebih sering berada dikamar kita.

Pastinya hal ini membuat kita menjadi bosan dan jenuh. Oleh karena itu, kita bisa melakukan pendekoran ulang pada kamar kita.

Agar kita bisa merasakan dan mendapatkan suasana dan situasi yang baru dan berbeda dari sebelumnya. Kita dapat mencari beberapa inspirasi di internet.

Selain mengasah kreativitas kita, dengan mendekor kamar kita bisa menjadi lebih bahagia dan menjadi suatu kepuasan tersendiri.

Menonton Film

Jika sebelumnya kita adalah orang yang bahkan tidak sempat untuk melakukan kegiatan seperti menonton film karena kesibukan sehari-harinya, maka dengan stay at home ini bisa kita luangkan waktu untuk menonton film.

Boleh kita menonton film namun jangan sampai kita melewatkan pekerjaan kita sebelumnya.

Dengan menonton film dapat meningkatkan rasa terhibur kita melalui cerita yang kita tonton dari film tersebut. Selain itu kita bisa meningkatkan kemampuan kita dalam berbahasa Inggris, jika film yang kita tonton berbahasa Inggris.

Dengan cara seperti menggunakan subtitle berbahasa Inggris. Sehingga kita dapat menambah beberapa kosa kata baru.

Wah banyak sekali bukan kegiatan produktif yang dapat kita lakukan di rumah selain rebahan saja.

Kita boleh menggunakan watu luang kita untuk beristirahat namun perlu diingat lagi bahwa banyak sekali aktivitas-aktivitas yang positif dan bermafaat yang dapat kita lakukan selama stay at home karena masa pandemi COVID-19 ini.

Semoga beberapa contoh diatas dapat menginspirasi kalian untuk melakukan kegiatan yang produktif dan positif selama berada di rumah saja.

Tetap jaga kesehatan dan jangan keluar rumah untuk melakukan hal yang tidak berguna kecuali sangat mendesak. Tetap semangat dan sehat selalu!. (***)

 

 

Penulis : Destiya Anggoro Putri

Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan