Gubernur Al Haris Tegaskan ASN Butuh Energi Besar dan Soliditas Hadapi Wabah Covid-19 dan Pemulihan

Senin, 12 Juli 2021 - 20:16:48


Gubernur Jambi Al Haris saat memimpin apel Peningkatan Disiplin ASN lingkup Pemprov Jambi.
Gubernur Jambi Al Haris saat memimpin apel Peningkatan Disiplin ASN lingkup Pemprov Jambi. /

RADARJAMBI.CO.ID- Gubernur Jambi Dr.H.Alharis,S.Sos,MH, Pimpin Langsung Apel Peningkatan Disiplin dan Rasa Nasionalisme Aparatur Sipil Negara di Lingkup Pemerintah Provinsi Jambi yang berlangsung di Halaman Depan Kantor Gubernur Jambi, Senin (12/7/21).

Gubernur Jambi Dr.H.Alharis,S.Sos,MH, mengakui kondisi yang memprihatinkan Indonesia saat ini sedang dilanda wabah virus Corona dimana seluruh komponen negara berjibaku untuk menekan atau mengendalikan paparan virus yang telah mengganggu sistem kesehatan, ekonomi, sosial termasuk penyelenggaraan ibadah,"Penanganan Covid-19 agar tidak meledak atau menyebar kemana-mana dan tidak banyak korban," ungkap H.Alharis.

Penanganan Covid-19 membutuhkan perhatian khusus dengan refocusing dana APBD menuntut perhatian serius dan sikap prihatin ASN,"Jika tidak mampu dikendalikan bukan tidak mungkin TPP ditiadakan karena wabah yang berlangsung lama sangat berdampak pada penerimaan daerah maupun penerimaan negara," tegas H.Alharis.

Selanjutnya Gubernur Jambi H.Alharis menegaskan serapan anggaran harus segera dilaksanakan dengan adanya kelonggaran hingga bulan agustus dan semua proses dapat berjalan sesuai aturan.

"Jangan terlena bahwa ada tambahan waktu agustus sudah kontrak semua karena DAK itu kita bersaing dengan semua daerah di Indonesia sayang kalau tidak digunakan sebaik-baiknya," ujar H.Alharis.

Gubernur Jambi H.Alharis menegaskan penggunaan dana yang rasional dalam jangka pendek dan segera guna pemulihan ekonomi masyarakat,"Dana yang hari ini kita butuhkan bergulir berdampak cepat pada masyarakat seperti contoh pada dinas pertanian dapat melakukan program pertanian yang menghasilkan dalam jangka waktu cepat untuk masyarakat," kata H.Alharis.

Dalam wawancaranya Gubernur Jambi H.Alharis menilai apel dimaksudkan agar ASN solid dalam bekerja dan mengetahui kemana arah bekerja untuk mencapai visi misi Jambi Mantap.

"Perlu tim kerja yang solid mengharapkan mereka mengerti tugas dan tanggung jawab masing-masing, pahami tupoksi sebagai bahan untuk bekerja dan saat ini kita membutuhkan energi yang luar biasa terutama hadapi covid-19, pemulihan ekonomi dan lain sebagainya dalam jangka pendek tidak mungkin berhasil sebuah kerja yang besar tanpa ASN yang bagus, mumpuni, punya kinerja yang baik," ujar Gubernur Jambi.

Apel juga diikuti Wakil Gubernur Jambi Drs.H.Abdullah Sani,M.Pd.I, Sekda Provinsi Jambi H.Sudirman,SH,MH, serta Pejabat Eselon II dan OPD di Lingkup Pemerintah Provinsi Jambi dengan mematuhi protokol kesehatan memakai masker, mengatur jarak barisan.(har)